Rabu, Maret 23, 2011

Busyet, Jalan RE Martadinata Kembali Amblas Ketiga Kali

JAKARTA, M86 - Untuk ketiga kalinya, Jalan RE Martadinata, Jakarta Utara amblas. Sekarang, lokasinya berada di bawah Jalan Layang Tol ke Pluit, Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Lokasinya tak jauh dari lokasi amblas yang pertama kali. Bahkan, selain ada keretakan sepanjang 200 meter, tembok pembatas jalan juga amblas.

Berdasarkan pantauan di lapangan, kondisi retak pada lapisan jalan tersebut berada di sisi kiri dari arah Tanjung Priok menuju Ancol, tepat di bawah jembatan layang tol ke arah Pluit. Kondisi retak itu diakui warga sekitar baru kelihatan tadi malam. "Kemarin siang belum ada, mungkin tadi malam. Pasalnya, tembok pemisah jalan itu juga ambruk tadi malam," kata seorang warga yang keseharian berdagang bambu di lokasi tersebut.

Seperti diketahui, jalan itu merupakan akses satu-satunya jalur cepat kendaraan berat menuju pelabuhan Tanjung Priok, sehingga tak bisa dihindari akibat volume kendaraan yang melintas melebihi kapasitas kekuatan jalan membuatnya amblas.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum (Kemen PU), DJoko Murjanto mengatakan, jalan di lokasi itu memiliki umur yang diperkirakan sudah sekitar 30 tahun. Selain itu, cuaca ekstrim pun ikut mempengaruhi amblesnya jalan. Termasuk pada jalan yang amblas untuk pertama kalinya. “Cuaca ekstrem membuat tanah semakin labil,” katanya.

Ia mengatakan, setelah amblesnya jalan RE Martadinata beberapa waktu lalu, pihaknya sudah melakukan evaluasi untuk membuat skala prioritas. “Saat ini sedang dilakukan pelelangan untuk memperbaiki jalan tersebut, tapi keburu amblas lagi,” katanya.

Menurut Djoko, pihaknya mulai melakukan pengukuran jalan RE Martadinata yang amblas termasuk titik di sepanjang jalan itu yang rawan amblas.(jek)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails