Sabtu, Juli 24, 2010

Petugas Refreshing, Kantor Pelayanan IMB Tutup

JAKARTA, MP - Keinginan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo untuk senantiasa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, ternyata tak didukung aparat di tingkat wilayah. Bagaimana tidak, pelayanan perizinan mendirikan bangunan (IMB) di kantor Sudin Perizinan Bangunan Jakarta Utara, Jumat (23/7) tutup.

Padahal hari itu jelas bukan hari libur. Akibatnya, sejumlah warga yang sudah terlanjur mendatangi kantor tersebut kecewa karena tidak ada satu pun petugas di kantor yang terletak di Blok S, kantor Walikota Administrasi Jakarta Utara. Parahnya lagi, petugas di kantor pelayanan prima itu tidak mengumumkan sejak jauh-jauh hari bahwa hari ini libur.

"Saya sempat tidak percaya kalau petugas libur hari ini karena tidak ada pengumuman sama sekali. Padahal saya sudah menunggu 2 jam, ternyata memang benar-benar tutup," ujar Yuni, warga Sunter yang mengurus IMB, Jumat (23/7) kemarin.

Hal senada dirasakan Jainal (37), warga Kelapagading, yang juga akan mengurus IMB rumah toko (Ruko). Setelah memastikan tidak ada petugas yang melayani, akhirnya ia pulang dengan tangan hampa. "Saya mau mengurus izin ruko, tapi pegawai kantor Sudin Perizinan Bangungan Jakarta Utara tidak ada," keluhnya.

Tidak adanya petugas di kantor layanan perizinan bangunan ini juga diakui oleh seorang petugas pelayanan Gakin dan SKTM dari Sudin Kesehatan yang letaknya bersebelahan dengan pelayanan IMB. "Ya mas, sejak tadi pagi nggak ada petugasnya. Banyak warga yang kecewa akibat tak ada pelayanan hari ini," ujar pegawai yang enggan disebutkan namanya itu.

Abdul Hamid (47) penjaga lantai 3, gedung tersebut mengatakan, tutupnya kantor Pelayanan Perizinan Bangunan dan Sudin Penertiban Pengawasan Bangunan karena kedua sudin ini sedang ada acara. "Pegawai P2B dan Perizinan sedang melakukan kegiatan persiapan menjelang bulan puasa yang diadakan Dinas P2B DKI Jakarta," ujarnya. Lantai 3 merupakan kantor Sudin Perizinan Bangunan Jakarta Utara yang juga bersebelahan dengan Sudin Penertiban dan Pengawasan Bangunan Jakarta Utara.

Sugeng Santoso, Kasie Penertiban, Sudin Penertiban dan Pengawasan Bangunan Jakarta Utara, mengaku dirinya sedang pulang kampung untuk `nyadran` (silaturahmi) karena menjelang puasa. Namun ia membantah kalau petugas lain di kantornya meliburkan diri. "Petugas lain ada kok di kantor," katanya, ketika dikonfirmasi melalui telepon selularnya.

Namun tak satu pun petugas kantor Sudin Penertiban dan Pengawasan Bangunan di Gedung Blok S lantai 3 yang dijumpai. Begitu juga di Sudin Perizinan Bangunan, tidak terlihat satu pun petugas. Malah kantor tersebut ditutup rapat.

Berdasarkan informasi yang didapat dari salah satu staf Sudin Perizinan Bangunan di Kecamatan Tanjungpriok, mengungkapkan, seluruh staf dua institusi itu, pada Jumat (23/7) itu diliburkan untuk memenuhi undangan acara arung jeram di Garut, Jawa Barat. "Ia nih lagi refreshing dulu. Cuma sehari doang kok, semua pelayanan di kecamatan libur hari ini," tandasnya. (red/*bj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails