Rabu, Mei 12, 2010

PKK DKI Roadshow ke Penjaringan

JAKARTA, MP - Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi DKI Jakarta, Sri Hartati, terus menggalakkan program roadshow pemberdayaan keluarga. Sasaran kali ini adalah, warga Penjaringan, Jakarta Utara. Kegiatan dipusatkan di Gedung Pertemuan Jawa-Bali samping Juction Pluit Mall, Selasa (11/5) kemarin. Di tempat itu, istri Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo itu mengajak seluruh elemen masyarakat untuk melakukan langkah nyata dalam menyejahterakan warga Jakarta.

“Kegiatan roadshow ini merupakan yang kedua setelah di Cilincing. Tentunya kegiatan ini untuk mensinergikan potensi mitra dalam rangka mempercepat proses pemberdayaan keluarga, dengan sasaran RW binaan. Tujuannya mendukung tercapainya visi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam menjadikan Jakarta sejahtera untuk semua,” kata Tatiek Fauzi Bowo.

Kegiatan roadshow PKK ini, kata Tatiek, bertujuan mengetahui sejauhmana potensi yang dimiliki wilayah. Yakni prestasi-prestasi yang pernah diraih, perhatian dan pembinaan sektor terkait serta sejauhmana partisipasi masyarakat mendukung program pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan keluarga di RW sasaran.

“Kegiatan ini memberikan akses seluas-luasnya kepada keluarga untuk mendapatkan informasi, pelayanan, dan paket bantuan stimulan. Kemudian memberikan kesempatan masyarakat untuk berpartisipasi dengan sektor terkait menyelesaikan berbagai persoalan yang dihadapi keluarga dan peningkatan kualitas fisik dan non fisik lingkungan,” papar Tatiek.

Tindak lanjut pelaksanaan roadshow ini perlu disikapi dengan pembentukan Forum Komunikasi Pemberdayaan Keluarga tingkat RW. Utamanya adalah di RW unggulan yang terdapat di tiap kelurahan. Forum ini nantinya akan menggerakkan potensi masyarakat setempat untuk mempercepat penyelesaian berbagai persoalan kemasyarakatan yang ada di wilayah tersebut.

“Apabila tidak mampu diselesaikan maka hendaknya diusulkan pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) tingkat kelurahan. Mohon ini disikapi dengan sungguh-sungguh oleh lurah untuk ditindaklanjuti,” ujar Tatiek.

Sekadar diketahui, roadshow ini dihadiri oleh 400 peserta yang terdiri dari pengurus PKK, mulai dari tingkat kota hingga tingkat RT. Bahkan kepala puskesmas kelurahan se-Kecamatan Penjaringan, tokoh masyarakat, tokoh agama dan instansi terkait lainnya turut menghadiri roadshow itu. Kegiatan di dalamnya antara lain adalah temu konsultasi, pelayanan konsultasi, pameran dan promosi, pelayanan KB dan pemberian paket bantuan.

Maskup, Ketua RW 08, Kelurahan Penjaringan, menyambut gembira digelarnya roadshow TP PKK Provinsi DKI Jakarta itu. Sebab dengan begitu warga semakin mantap membantu 10 program PKK dalam menyejahterakan keluarga di Jakarta Utara. “Kami siap membantu seluruh program PKK dalam menyejahterakan perekonomian warga Penjaringan,” katanya. Apalagi RW yang dipimpinnya merupakan RW unggulan di Kelurahan Penjaringan dengan 23 RT.

Warga juga turut membantu kegiatan gebyar posyandu yang digelar setiap tanggal 27. Diharapkan dengan roadshow ini, anggota PKK di lingkungan Kelurahan Penjaringan semakin semangat menjalankan perannya, membantu kinerja Pemprov DKI Jakarta dalam menciptakan keluarga sejahtera.

Kepala Seksi Peran Serta Masyarakat, BPMPKB Jakarta Utara, Dahri Zaenal mengatakan, roadshow diwarnai dengan pemberian paket bantuan antara lain Kartu Sehat (ID Card), alat perangkap jentik nyamuk (Ovitrap), alat kontrasepsi KB, Papan Nama Posyandu dan Brosur Posyantek.

Kemudian pelayanan KB gratis yang diselenggarakan oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) Jakarta Utara. Peminatnya pun cukup banyak, yakni untuk operasi pria (OP) ada 20 akseptor, IUD 7 akseptor, implant 42 akseptor, suntik 52 akseptor.

“Sedangkan saat roadshow di Penjaringan, pelayanan yang diberikan berupa IUD 7 akseptor, implant 22 akseptor, suntik 31 akseptor. Ini sangat sedikit karena lokasi penyelenggaraan roadshow jauh dari lingkungan pemukiman. Diharapkan ke depan tempat penyelenggaraanya harus berada di tengah-tengah lingkungan pemukiman,” katanya. (red/*bj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails