Kamis, Mei 27, 2010

DKI Kucurkan Dana PEMK Rp 4,8 Miliar

JAKARTA, MP - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggulirkan dana Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Kelurahan (PEMK) secara bergulir sebesar Rp 4,8 miliar. Dana tersebut difungsikan untuk menyukseskan program pemberdayaan dan kesejahtaraan masyarakat. Seluruh dana itu langsung dikucurkan kepada 9 Koperasi Jasa Keuangan (KJK) yang berasal dari tiga wilayah yakni, Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan Jakarta Utara. Penyerahan dana PEMK itu dilakukan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Prijanto di kantor Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) DKI Jakarta, Jl Perintis Kemerdekaan, Kelapagading, Jakarta Utara, Kamis (27/5).

Ke- 9 KJK yang menerima kucuran dana itu masing-masing adalah 3 KJK dari Jakarta Selatan. Yakni KJK PEMK Petukangan Selatan mendapatkan Rp 500 juta dengan 250 pemanfaat, KJK PEMK Tebet Timur mendapatkan Rp 540 juta dengan 694 pemanfaat, serta KJK PEMK Mampang Prapatan mendapatkan Rp 540 juta dengan 133 pemanfaat.

Kemudian, 5 KJK di Jakarta Timur yang mendapatkan dana masing-masing Rp 540 juta. Yakni KJK PEMK Kampung Tengah dengan 301 pemanfaat, KJK PEMK Cililitan dengan 444 pemanfaat, KJK PEMK Klender dengan 153 pemanfaat, KJK PEMK Rawamangun dengan 180 pemanfaat dan KJK PEMK Makasar dengan 199 pemanfaat. Sedangkan untuk Jakarta Utara hanya ada satu KJK yaitu KJK PEMK Sunter Jaya dengan 250 pemanfaat. Sehingga total dana yang digulirkan sekitar Rp 4,8 miliar dengan total 2.604 pemanfaat.

"Diharapkan program ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk membantu kesejahteraan masyarakat melalui program Koperasi Jasa Keuangan, sesuai dengan misi dan visi Pemprov DKI Jakarta, yakni menjadikan Jakarta aman dan sejahtera buat semua," kata Prijanto.

Selain itu, seluruh jajaran Dinas KUMKMP diharapkan terus memantau pengelolaan dana tersebut sehingga diharapkan menjadi dana pinjaman yang bermanfaat. Prijanto juga meminta agar seluruh jajaran Dinas KUMKMP dalam menjalankan tugasnya dengan menjunjung tinggi kejujuran dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. "Jangan ada lagi cara-cara tidak baik dengan mempersulit pelayanan hanya untuk mendapatkan keuntungan atau pendapatan tambahan di luar gaji," katanya.

Usai menyerahkan dana PEMK, Wagub Prijanto mendapatkan kejutan dari puluhan PNS di lingkungan Dinas KUMKMP. Mereka menyuguhkan kue ulang tahun sebagai tanda ucapan selamat ulang tahun ke-59 pada orang nomor dua DKI Jakarta ini. Sejumlah pegawai pun langsung bernyanyi “Selamat Ulang Tahun” sambil menyalami Prijanto.

"Saya ucapkan terima kasih atas jamuan kue ulang tahunnya. Ini sangat berharga bagi saya secara pribadi. Semoga Allah memberikan rahmat-Nya kepada kita semua," ujar Prijanto usai meniup lilin dan memotong kue yang diserahkan kepada Kepala Dinas KUMKMP DKI Jakarta, Ade Soeharsono.

Kepala Dinas KUMKMP DKI Jakarta, Ade Soeharsono, mengungkapkan, dana PEMK 2010 yang sudah digelontorkan sekitar Rp 71,5 miliar dengan 28. 432 pemanfaat. Dana tersebut digulirkan secara bertahap dan pengucuran kali ini merupakan yang keenam. Sayangnya ia tidak menyebutkan total dana yang telah dikucurkan sejak Januari itu. (red/*bj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails