Rabu, Mei 26, 2010

Desember, Ancol Produksi Air Bersih

JAKARTA, MP - Bisnis air bersih yang dijalankan dua mitra kerja PDAM Jaya, PT Aetra dan Palyja mulai terancam. Apalagi, pelayanan kedua operator itu masih banyak dikeluhkan masyarakat. Buktinya, beberapa pelanggan besar mulai memproduksi air bersih sendiri. Salah satunya PT Pembangunan Jaya Ancol (PJA). Rencananya, Ancol akan mulai memproduksi air bersih sendiri Desember mendatang.

PT Pembangunan Jaya Ancol akan memproduksi air bersih dengan proyek instalasi pengolahan air (IPA) atau water treatment plant yang menggunakan teknologi reverse osmosis (RO).

"Hal ini dilakukan sebagai upaya memenuhi kebutuhan air bersih di Ancol. Teknologi Reverse Osmosis mampu mengubah air laut menjadi air bersih dan tawar. Saat ini pengerjaan proyek sudah mencapai tahap 40 persen. Insya Allah akhir tahun nanti sudah bisa dioperasikan," kata Kiki Nugroho, General Manager Corporate Plan PT PJA, Rabu (26/5).

Untuk merealisasikan proyek itu, PT PJA mengalokasikan dana sebesar Rp 53 miliar. Untuk tahap awal, IPA dengan menggunakan teknologi RO ini dapat memproduksi air bersih sebanyak 5.000 meter kubik per hari. Dan selanjutnya diharapkan bisa menghasilkan air bersih hingga 10.000 meter kubik per hari.
"Lokasi proyek RO ini ada di belakang Atlantis Water Adventure. Dan kini masih dalam tahap pengerjaan yang ditargetkan Desember 2010 sudah bisa digunakan karena air bersih sangat dibutuhkan di Ancol," ungkapnya.

Saat ini, kata Kiki, kebutuhan air bersih baik untuk tempat rekreasi maupun perumahan di kawasan Ancol mencapai 12.000 meter kubik per hari. Diharapkan dengan pembangunan IPA RO ini, Ancol bisa menekan biaya untuk air bersih. "Saat ini biaya yang dikeluarkan Ancol untuk air bersih memakai tarif industri. Penggunaan teknologi RO ini diharapkan dapat menekan biaya untuk memenuhi kebutuhan air bersih setiap hari," kata Kiki.

Sekarang ini, lanjut Kiki, Ancol masih menggunakan air bersih yang disuplai oleh operator air PT Aetra. Dengan terbangunnya IPA RO ini diharapkan bisa membantu Aetra dalam pengadaan air bersih ke masyarakat luas.

Dalam proyek pembangunan IPA RO ini, Ancol bekerja sama dengan konsultan dari Singapura, yakni Singapore Public Utilities Board. Sedangkan untuk proyek pembangunan fisik, akan dikerjakan oleh PT Jaya Teknik Indonesia (JTI) dan PT Arkonin untuk desain bangunannya. IPA ini akan dibangun di lahan seluas 4.000 meter persegi. Sedangkan untuk luas bangunan mencapai 2.000 meter persegi.

"Setelah proyek IPA RO Ancol ini terbangun, air bersih yang diproduksi tidak hanya bisa dinikmati untuk internal Ancol, tapi juga untuk masyarakat Ancol dan sekitarnya," tandas Kiki. (red/*bj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails