Rabu, Agustus 31, 2011

Lebaran Pertama, warga Serbu Ancol untuk Liburan

JAKARTA, M86 - Tempat rekreasi Ancol, Jakarta Utara, nampaknya masih menjadi primadona warga yang ingin mengisi libur lebaran. Di tempat wisata air dan pantai itu, ribuan warga dari berbagai kalangan tampak memenuhi tempat wisata tersebut. Namun, meskipun ramai, jalan di sekitar pintu masuk Ancol terpantau lancar. Ini tak lepas dari kesiagaan puluhan personel kepolisian yang diterjunkan untuk mengatur lalu lintas di kawasan Ancol.

Manajer Komunikasi Ancol Taman Impian, Metty Yan Harahap, mengatakan pada hari pertama lebaran ini ribuan pengunjung memadati Ancol, karena kebanyakan warga tidak mudik ke kampung halaman dan memilih untuk berekreasi. "Biasanya Ancol dipadati pengunjung pada saat lebaran, liburan sekolah, dan liburan Natal dan Tahun Baru. Momen inilah yang membuat para pengunjung membludak di Ancol," kata Metty, Rabu (31/8).

Dijelaskanya, berdasarkan data jumlah pengunjung Ancol pada hari ini hingga pukul 14.00 mencapai 51.076 orang, dengan 4.355 kendaraan roda empat, dan 6.518 kendaraan roda dua. Sedangkan, pada Selasa (30/8) kemarin, jumlah pengunjung mencapai 57.242 orang dengan 6.920 kendaraan roda empat, dan 8.719 kendaraan roda dua. "Jumlah pengunjung Ancol mulai padat sejak Selasa kemarin, dan diperkirakan akan meningkat hingga Minggu (4/9) mendatang," ujarnya.

Metty menambahkan, pada liburan lebaran ini yaitu sejak tanggal 29 Agustus hingga 4 September 2011, pihaknya menargetkan sebanyak 1,5 juta pengunjung, dengan perkiraan 150 ribu pengunjung setiap harinya. Untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung, pihaknya telah menyiapkan 18 hektar lahan parkir yang mampu menampung 9.000 kendaraan. "Kami siapkan tempat parkir yang luas agar para pengunjung nyaman berada di Ancol," kata Metty.

Menurut Metty, rata-rata pengunjung memanfaatkan waktu bersama keluarga di Atlantis Water Adventure, Pantai Beach Pool, Dunia Fantasi, Pantai Indah, dan Ocean Dream Samudera. "Besarnya animo masyarakat di Ancol tidak mempengaruhi harga tiket masuk (HTM), yaitu harga tiket masuk Ancol tetap Rp 11 ribu per orang, Dunia Fantasi Rp 120 ribu per orang, Atlantis Rp 75 ribu per orang, dan harga tiket masuk Gelanggang Samudera dibanderol Rp 70 ribu per orang," jelasnya.

Gandeng Polisi

Sementara itu untuk meningkatkan pengamanan saat libur lebaran Idul Fitri 1432 H, Taman Impian Jaya Ancol bekerjasama dengan Polsek dan Polres setempat. Hal itu diungkapkan President Director Taman Impian Jaya Ancol, Budi Karya Sumadi.

“Kerjasama dengan Polsek dan Polres itu dengan membuko posko besar di dalam area Ancol,” katanya.

“Dengan adanya posko besar itu kami juga meminta tambahan personil keamanan yang biasanya hanya 80 orang akan ditambah sebanyak 200 orang,” paparnya.

Selain itu, Budi menambahkan, pihak ancol akan mengantisipasi segala juga akan memasang CCTV di setiap pintu masuk Ancol dan titik rawan. “Semua itu kami lakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman pengunjung yang datang ke Ancol,” tutupnya.

Wakapolsek Pademangan, AKP Deddy Kurniawan, mengatakan untuk pengamanan di kawasan Ancol, telah dikerahkan 13 personel dari Polres Jakarta Utara, Polda Metro Jaya 20 personel, Polsek Pademangan 13 personel, dan Sub Brimob belasan personel. "Kondisi lalu lintas masih lancar, dan juga keamanan masih kondusif," tandasnya. (cok)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails