Kamis, Mei 05, 2011

Usai Hujan Deras, Sejumlah Jalan di Jakut Digenangi Air AKibat Drainase Buruk

JAKARTA, M86 - Hujan deras yang mengguyur Jakarta sejak pagi hingga siang hari membuat sejumlah titik jalan di Jakarta Utara tergenang air. Kondisi ini tak lain diakibatkan sistem drainase buruk serta sangat memprihatinkan. Tak pelak genangan air dengan tinggi bervariasi mulai 20 cm hingga 50 cm tersebut membuat pengendara harus memperlambat laju kendaraan, akibatnya arus lalu lintas di sekitar lokasi genangan menjadi tersendat.

Berdasarkan pantauan, genangan setinggi 40 cm terlihat di depan Mal Kelapagading. Tingginya genangan membuat beberapa kendaraan bermotor mogok, karena air masuk ke dalam mesin kendaraan. "Waduh genanangan airnya makin tinggi karena drainase yang buruk. Padahal, kawasan ini merupakan daerah elit," keluh Suhendar (33), warga Jalan Tipar Cakung, Jakarta Utara yang sedang melintasi jalan tersebut.

Kondisi yang serupa juhga terlihat di Jalan Yos Sudarso dan Lantamal Tanjungpriok, Jakarta Utara, yang tergenang setinggi 15 cm. Begitu juga di depan terminal Tanjung Priok genangan air mencapai 30 cm. Belum lagi di Jalan Cakung Cilincing, genangan air mencapai 40 cm. Sedangkan di kawasan Pademangan genangan air rata-rata 15 cm hingga 30 cm.

Aiptu Kasno, petugas Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya, mengatakan genangan terparah terjadi di depan Mal Kelapagading dengan ketinggian 40 sentimeter. Menurutnya, akibat hujan deras membuat jarak pandang pengendara menjadi terbatas. "Kami himbau pengendara berhati-hati karena jarang pandang terbatas. Ada baiknya berteduh dulu agar tidak terjatuh di jalan," pesannya, Kamis (5/5). (jek)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails