Sabtu, April 30, 2011

Waspada, Kawasan Ancol Ada 149 Kucing Rabies Ditangkap

JAKARTA, M86 - Untuk mengantisipasi dan mempertahankan Jakarta, khususnya kawasan Jakarta Utara yang bebas rabies, maka Pemkot Jakut melakukan antisipasinya melalui kegiatan penangkapan hewan penular rabies. Bahkan dari 307 hewan rentan rabies yang berhasil ditangkap ada sekitar 149 kucing rabies diamankan dari kawasan Ancol.

"Populasi hewan rentan rabies seperti anjing, kucing dan kera yang tersebar pada enam kecamatan di Kota Administrasi Jakarta Utara ditangkap sekitar 307 hewan,"kata Sri Wahyuni Sensussiwati, Kepala Sudin Peternakan Perikanan dan Kelautan Jakarta Utara, Sabtu (30/04).

Jumlah ini dalam kurung waktu Januari hingga April 2011. Penangkapan paling terbanyak ada di kawasan Ancol dengan jumlah 149 kucing pada bulan Februari dan bulan April 66 kucing. Sementara itu di kawasan Penjaringan pada bulan Februri ditangkap 57 kucing dan bulan April 32 kucing ditangkap. Sedangkan satu anjing ditangkap di Tanjung Priok dan satu kera.

Sementara itu selama bulan Januari hingga Maret 2011 hewan rentan rabies yang telah divaksin 123 ekor meliputi anjing dan kucing. Jumlah ini terdiri dari anjing 121 ekor dan kucing 2 ekor.

Sedangkan pada tahun 2010 total hewan yang divaksin tercatat 2229 ekor. Dan yang paling dominan yang divaksin meliputi , anjing 2.172 ekor, kucing 50 ekor dan kera yang divaksin berjumlah 7 ekor.

Sumber Kementerian Kesehatan RI bahwa selama tahun 2010 anjing yang telah menggigit manusia berjumlah 74.858 kasus, 195 orang diantaranya yang didigit anjing meninggal dunia. Oleh sebab itu untuk mengantisipasi anjing jangan sampai menggigit orang agar hewan tersebut jangan diliarkan.

“Secara bertahap akan dilakukan program vaksinasi rabies. Hal ini untuk mengantisipasi bahwa Jakarta telah bebas rabies. Oleh sebab itu lakukan vaksinasi rabies rutin pada anjing , kucing dan k era, jangan biarkan anjing berkeliaran dan harus dikandangkan,”katanya.(jek)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails