Selasa, Mei 31, 2011

HUT Jakarta, Kep Seribu Lepas 484 Jenis Biota Laut

JAKARTA, M86 - Dalam pencanangan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Jakarta ke-484, Kabupaten Kepulauan Seribu melepas sebanyak 484 jenis biota laut di Taman Miniatur Ekosistem Laut Kepulauan Seribu di Pulau Pramuka.

Deputi Gubernur Provinsi DKI Jakarta bidang Budaya dan Pariwisata, Sukesti Martono mewakili Gubernur DKI Jakarta mengungkapkan, pencangan HUT Kota Jakarta ini dilaksanakan secara simultan di lima wilayah kota dan satu kabupaten di Jakarta. Tiap wilayah akan menggelar sejumlah seni dan budaya serta lomba yang melibatkan pemerintah dan masyarakat.

"Khusus di Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta mendorong pengembangan potensi wisata bahari. Seperti penanaman dan pelepasan 484 jenis biota laut ini merupakan satu atraksi bahari yang dapat menarik minat kunjung wisatawan," ungkapnya, Senin (31/05).

Dikatakan Sukesti, pelepasan ikan hias dan konsumsi ini juga dapat menajdi model atau contoh yang baik bagi masyarakat untuk melakukan pola budidaya yang serupa sehingga menambah lapangan kerja dan pada gilirannya nanti meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat.

"Siapa tahu pencanangan HUT ini dapat menjadi pemicu prospek produksi ikan di Kepulauan Seribu yang pada gilirannya dapat meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakatnya," jelas Deputi yang pada kesempatan itu didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta, Ipih Ruyani.

51 Kegiatan di HUT Kota Jakarta

Sementara itu, Bupati Kepulauan Seribu, Achmad Ludfi mengatakan, pada rangkaian HUT Kota Jakarta ke-484 ini, Kabupaten Kepulauan Seribu menggelar sebanyak 51 agenda kegiatan yang terbagi di enam wilayah kelurahan.

Kegiatan itu, seperti antara lain pelepasan 484 jenis biota laut, peresmian Taman Marlin di Pulau Harapan, Sunday Market pada Hari Gotong Royong Masyarakat, dan lounching track sepeda dan acara Tidung Fun Bike di Pulau Tidung.

"Dengan itu, kita undang warga Jakarta dan para pecinta wisata bahari untuk datang menikmati potensi wisata wilayah kami yang lestari tanpa polusi dan tanpa macet," ajak Ludfi. (jek)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails