Minggu, April 24, 2011

Warga Miskin Cilincing Dambakan Puskesmas Punya Rawat Inap

JAKARTA, M86 - Warga miskin di Cilincing mendambakan adanya Puskesmas yang mempunyai fasilitas rawat inap untuk berbagai macam penyakit. Pasalnya sekarang ini sarana gedung puskesmas yang dimiliki masing-masing kecamatan sudah pantas memiliki ruang rawat inap. Namun sayang, saat ini pasien masih saja dirujuk ke rumah sakit jika harus mendapatkan rawat inap. Hal itu disampaikan Sulistiani (35), warga Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara, sangatlah mendambakan ada rawat inap di Puskesmas. Selain lokasi puskesmas tidak jauh dari tempat tinggal warga, proses pengobatannya juga tak berbelit-belit ketimbang harus berobat ke rumah sakit.

"Kalau periksa ke rumah sakit prosesnya berbelit-belit, harus urus surat-surat yang makan waktu panjang, belum lagi berhadapan dengan birokrasi. Kalau bisa sudah saatnya puskesmas punya rawat inap" tuturnya.

Hal senada disampaikan Imron 45, warga Marunda. Andai saja Puskesmas punya rawat inap untuk umum, warga tak perlu cemas untuk mencari pengobatan. Sebab kalau harus ke rumah sakit dengan membawa persyaratan SKTM atau kartu Gakin prosesnya panjang. Dengan sarana gedung yang ada saat ini dan dokter yang ada di Puskesmas tak kalah yang ada rumah sakit. Jadi tak ada alasan jika sekarang saatnya puskesmas punya rawat inap.

"Saya yakin kalau puskesmas punya rawat inap, warga akan memilih berobat ke tempat tersebut, karena kalau ke rumah sakit selalu terpikiran dengan biaya" ujarnya. Untuk saat ini sejumlah Puskesmas sudah memiliki rawat inap untuk proses persalinan. Ada rencana dari pihak Pemda DKI Jakarta untuk menjadikan Puskesmas punya rawat inap. Sudah barang tentu disambut baik warga.

Sekedar diketahui, selama ini warga miskin atau tak mampu untuk mendapatkan pengobatan dirumah sakit baik yang menggunakan kartu gakin atau SKTM mendapatkan di kelas III. Bahkan obat-obatannya yang diberikan berjenis generik yang sama halnya obat di puskesmas. Hanya saja di rumah sakit didukung dokter spesialis. "Masa sih di Pemda banyak punya dokter spesialis tak bisa membuka layanan rawat inap di puskesmas" kata Mahmud warga Pegangsaan Dua Kelapa Gading. (jek)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails