Rabu, April 27, 2011

Tingkatkan Keamanan Hansip Kampung Harus Diperdayakan

JAKARTA, M86 - Belakangan ini Jakarta terus diusik masalah keamanan, apalagi menyusul teror bom belakangan ini. Tak pelak berbagai upaya pun telah dilakukan pemerintah DKI Jakarta hingga pemerintah paling bawah Kelurahan sampai pada tingkat RT dan RW agar mewaspadai khususnya bagi para pengontrak atau warga asing yang tidak dikenal.

“Mungkin Gubernur lupa bahwa di tengah masyarakat bukan saja Lurah atau RT dan RW yang bisa diandalkan. Kesibukan mereka kerap kali tidak dapat monitor situasi masyarakat dan lingkungannya. Namun ada keamanan kampung (Hansip) yang selalu berjaga 24 jam mengapa tidak diberdayakan saja,” kata Rusdianto Siagian, salah seorang warga Kebon Bawang, Tanjung Priok, Rabu (27/04).

Menurutnya Hansip lebih mengetahui lingkungannya baik siang maupun malam karena mereka memang sudah ditugaskan menjaga keamanan kampungnya. Meskipun tidak mendapatkan insentif seperti RT/RW namun keberadaannya sangat dirasakan masyarakat apalagi pada malam hari disaat sebagian masyarakat Jakarta tertidur lelap.

“Bisa saja peneror itu beraksi pada malam hari disaat sepi. Minimal bila setiap hansip kampung atau komplek di Jakarta diberdayakan dan diberi perbekalan serta diberikan insentif saya yakin mereka akan bekerja sungguh-sungguh dan Jakarta akan semakin aman,” tandasnya.

“Karena ruang gerak warga pendatang atau orang asing akan termonitor oleh hansip. Jadi bagi saya sangat efektif memberdayakan hansip kampung sama seperti halnya Gubernur mempertahankan Satpol PP untuk menjaga keamanan kota dengan biaya operasional miliaran. Sementara hansip, pertahanan sipil yang paling mendasar, yang sudah ada sejak jaman dulu kini seperti abu-abu dimata pemerintah,” tambahnya.

Wasim (45), salah seorang Hansip di Papanggo, Tanjung Priok, membenarkan, tidak ada perhatian khusus pemerintah kepada para hansip yang setiap malam menjaga keamanan masyarakat Jakarta.

“Tentu kami akan lebih semangat dan proaktif bila mendapatkan perhatian pemerintah. Tidak dapat insentif saja kami tetap bertugas setiap malam apalagi bila mendapat rangsangan seperti halnya RT/RW tentu akan mengangkat citra hansip yang kerap dipandang sebelah mata,” katanya. (jek)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails