Selasa, April 26, 2011

Tahun 2012, Waduk Pluit akan Dinormalisasi

JAKARTA, M86 - Dalam rangka menanggulangi banjir di Jakarta, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus melakukan upaya selain membangun Banjir Kanal Timur (BKT), pihaknya juga dalam waktu dekat akan menormalisasi Waduk Pluit pada tahun 2012 nanti. Tak pelak, untuk
normalisasi itu akan menelan dana sebanyak Rp 300 miliar melalui bantuan pemerintah Jepang.

"Perbaikan akan dilakukan mulai Maret 2012," jelas Kepala Bidang Sumber Daya Air, Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta, Tardjuki, Selasa (26/4).

Pembangunan fisik seperti pengerukan, pelebaran dan perluasan waduk dalam upaya memperbesar daya tampung air akan dimulai pada Maret 2012.

Dana tersebut akan digunakan untuk perbaikan pompa atau pergantian pompa, perbaikan dinding waduk yang retak secara pemanen, pengerukan, dan perluasan waduk.

Sekedar diketahui, kapasitas Waduk Pluit makin berkurang karena sebagian lahannya sudah berdiri bangunan permanen dan semi permanen milik warga. Bahkan tercatat warga yang tinggal di sana mencai 60 ribu orang. Oleh karena, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta diminta agar lebih bijak untuk menggusur mereka tentunya dengan memberikan solusi.

"Ya, kami juga manusia jadi harus dipindahkan secara layak. Jangan seenaknya atau sewenang-wenang. Soalnya, kami mau tinggal di mana lagi kalau tempat tinggal kami diluluh lantahkan," kata Tarno, warga sekitar Waduk Pluit. (jek)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails