Senin, April 11, 2011

Masuk Musim Hujan, Warga Koja Minta Pengerukan Drainaise

JAKARTA, M86 - Memasuki masa penghujan warga Kecamatan Koja khawatir dan resah. Pasalnya, kondisi saluran air atau drainase di kawasan mereta tinggal tidak berfungsi sehingga dikhawatirkan akan menimbulkan banjir. "Ada tiga saluran air di Kecamatan Koja, Jakarta Utara yang telah mengalami pendangkalan akibat sampah dan sedimentasi lumpur. Kondisi ini membuat daerah itu rawan genangan saat turun hujan," kata Sunarno, warga RT 02/03, Koja, Jakarta Utara, Senin (11/04).

Selain itu, sambungnya, tidak sedikit dekker atau jembatan penghubung menuju hunian warga juga memperburuk kondisi saluran tersebut. Sudin PU Tata Air Jakut diminta mengembalikan fungsi saluran tersebut.

"Tak pelak pendangkalan akibat lumpur mencapai ketinggian sekitar 1 sampai 1,5 meter yan ada di ketiga saluran penghubung yaitu saluran penghubung Mawar, Pinang, dan saluran penghubung Layar. Sudah bertahun-tahun ketiga saluran yang merupakan muara dari drainase di rumah-rumah warga itu belum pernah dikeruk," ungkap M Efiskal, Camat Koja.

Dijelaskan Efiskal, dari luas Koja yang mencapai 1.300 hektare persegi, 70 persen wilayah Koja berada di bawah permukaan air laut. Jika terjadi hujan, genangan air dengan ketinggian antara 20-30 sentimeter akan menyerbu ke pemukiman, dan baru akan surut sekitar tiga jam kemudian.

Kasudin Pekerjaan Umum (PU) Tata Air Jakarta Utara, Rifiq Abdullah, mengakui buruknya kondisi tiga saluran penghubung tersebut. Pihaknya berjanji akan melakukan pengerukan drainase yang kondisinya sudah dipenuhi oleh lumpur.

Pada 2011 Sudin PU Tata Air Jakarta Utara juga akan melakukan pengerukan terhadap lima drainase di Koja dari 24 drainase yang akan dinormalisasi. Lima drainase tersebut adalah drainase Jl Kramat Jaya, Jl Menteng, Rawabadak, dan drainase di Jl Lorong 104. “Tahun berikutnya akan dilanjutkan pada pengerjaan drainase lain yang belum bisa ditangani pada tahun ini. Bila seluruh drainase telah kembali normal, empat pompa air yang ada di Kecamatan Koja dapat berfungsi maksimal,” tandasnya. (jek)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails