Jumat, April 29, 2011

Akibat Jalan Amblas Lagi, Jalan Cacing Macet Total

JAKARTA, M86 - Akses Jalan Raya Cakung- Cilincing yang merupakan akses lalulintas barang dan jalan nasional kembali amblas. Padahal belum lama ini baru saja diperbaiki penambalan jalan. Lubang amblas sedalam 40 cm dan lebar 3 meter terlihat dari 50 meter sebelum putaran kendaraan KBN arah Cakung. Begitu juga terlihat sebelum pintu masuk Tol Rorotan-Cakung.

Tak pelak, kondisi itu membuat arus lalu-lintas menjadi macet. Apalagi menjelang sore kendaraan berat mulai padat memenuhi jalan termasuk buruh pabrik di KBN yang bubaran.
Sarpang Sitinjak (45), tukang tambal ban di akses jalan tersebut menjelaskan, kerusakan jalan beton ini disebabkan kualitas jalan tidak mampu menahan tingginya volume kendaraan berat yang melintas kawasan Jalan Raya Cacing.

Setiap hari kendaraan berat baik itu kontainer maupun truk-truk yang mengangkat angkutan berat setiap hari melintas.

"Terutama pada malam hari mas! banyak kendaraan berat yang rodanya sampai 30 ban melintas di jalan ini, dan mengangkat benda berat seperti truk traktor" ujarnya.

Hal senada juga diutarakan Gerry (40), sopir truk kontainer PT Makmur trans Gemala yang menyayangkan sikap petugas yang lemah untuk menertibkan truk-truk kontainer yang bebannya melebihi kapasitas.

Padahal selama ini truk tersebut penyebab terjadinya jalan rusak."Sebaiknya petugas menindak tegas, kasihan khususnya pengguna roda dua yang jalan malam hari terjebak kecelakaan di jalan amblas itu" sahutnya.

Maman Suparman, Kasudin PU Jalan menjelaskan, untuk perbaikan Jalan Raya Cacing merupakan wewenang dari pihak Departemen PU.

Tetapi ia berjanji akan menindak lanjuti adanya kerusakan yang membuat jalan ini amblas ke instansi terkait.

Dijelaskan Maman Suparman dari 366 ruas jalan yang rusak di Jakarta Utara dan 506 titik lubang yang ada tahun ini pemerintah hanya memperbaiki antara 20 sampai 30 persen. "Sebanyak 23 ruas jalan akan ditingkatkan menjadi jalan beton," katanya. (jek)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails