Kamis, Maret 10, 2011

Mengganggu Lalin, Pasar Bebek Marunda akan Direlokasi ke Bekasi

JAKARTA, M86 - Keberadaan Pasar Bebek Marunda yang terletak di Jl Baru Kecamatan Cilincing akan segera direlokasi ke Bekasi. Alasannya, keberadaan pasar unggas yang sudah puluhan tahun bercokol di lokasi itu sudah tidak layak dan menyalahi peruntukkan. Bahkan kerap mengganggu lalu-lintas di jalur khusus kendaraan berat tersebut.

Hal itu diungkapkan Wakil Walikota, Mangara Pardede, di Kantor Walikota Jakarta Utara, Jalan Yos Sudarso, Tanjungpriok, Jakarta Utara. "Pasar Bebek akan segera dipindahkan ke Bekasi. Kami sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Bekasi. Alasannya, lahan yang saat ini digunakan sebagai pasar tidak sesuai dan menyalahi peruntukkan. Lokasi yang akan dijadikan sebagai Pasar Bebek itu berada di daerah perbatasan antara Jakarta Utara dan Bekasi. Sehingga tidak menyulitkan, pembeli yang selama ini sudah memanfaatkan pasar tersebut," kata Mangara, Kamis (10/03).

Mangara menambahkan, rencana pemindahan pasar itu bakal dilakukan tahun ini juga. Namun sebelum itu terlaksana, pihaknya akan berkoordinasi dengan pedagang, KBN Marunda, Pemda Bekasi, dan Pemprov DKI Jakarta.

Sementara Kasudin Peternakan Perikanan dan Kelautan Jakarta Utara, Sri Wahyuni Sensusiwati mengatakan, menurut rencana seluruh pedagang akan dipindahkan pada Juli 2011 nanti. Sebelum rencana itu terwujud pihaknya telah membuat kesepakatan antara Pemkota Jakarta Utara dan KBN Marunda, yakni, membantu melakukan pengerasan lahan di lahan baru yang akan dijadikan sebagai Pasar Bebek pada Maret hingga April 2011 mendatang.

"Kami sepakat melakukan pengerasan lahan di pasar Bebek yang baru. Sedang pada Mei dan Juni 2011 akan dilaksanakan pembangunan los pasar oleh Pemda Bekasi. Mudah-mudahan rencana ini bisa tepat waktu," kata Sri.

Menurut Sri, berdasarkan catatan jumlah pedagang di Pasar Bebek Marunda ada 41 pedagang. Sambil menunggu pemindahan pedagan, pihaknya gencar melakukan monitoring dan pembinaan kepada para pedagang setiap satu bulan sekali. (jek)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails