Senin, Maret 01, 2010

Hujan Deras, 8 Pohon Tumbang di Jalan Perintis Kemerdekaan

JAKARTA, MP - Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Jakarta, Senin (1/3) pukul 13.00 – 15.00, mengakibatkan sedikitnya delapan pohon besar tumbang. Masing-masing terdapat di Jl Perintis Kemerdekaan, Kelapagading Timur, Jakarta Utara, tepatnya 100 meter dari perampatan Pulomas-Kelapagading. Pohon tersebut tumbang hingga menutup dua ruas jalur dari arah Cempaka Putih menuju Pulogadung.Beruntung pohon tersebut tidak menimpa pengguna jalan yang sedang melintas.

"Saat kejadian, hujan turun sangat deras dan disertai angin kencang. Sehingga pohon besar yang ada di sepanjang jalan ini tumbang. Untungnya, situasi jalan lengang karena banyak pengendara yang berteduh, tak meneruskan perjalanan. Keberadaan pohon tumbang itu pun jauh dari halte sehingga tak ada korban," jelas Apri, seorang karyawan sebuah kantor di Komplek Pulomas Office yang berada di seberang jalan.

Hal senada diungkapkan, Andika, seorang tukang tambal ban di Jl Perintis Kemerdekaan. Menurutnya, pohon yang tumbang itu diantaranya tingginya mencapai 15 meter dan diameter 35-40 centimeter. Ia pun bersyukur karena pohan tidak menimpa lapak usahanya. "Ketika hujan dan angin kencang saya berteduh di halte yang berjarak 100 meter dari lokasi pohon tumbang," jelasnya.

Untuk menghindari terjadinya kemacetan arus lalu lintas, sejumlah petugas dari Sudin Pertamanan dan Satpol PP, langsung mengevakuasi bangkai pohon itu ke tepi jalan. Batang pohon pun dipotong menjadi beberapa bagian, untuk memudahkan evakuasi.

"Lokasi kejadian berada di wilayah Jakarta Utara yaitu Kelapagading. Namun karena kami juga baru saja mengevakuasi satu pohon tumbang lainnya di daerah Pulomas. Dan kebetulan jalur ini merupakan perbatasan, posisi kami juga terdekat dengan lokasi. Ya, mau tak mau kami ikut peduli mengevakuasi pohon tumbang agar arus lalu-lintas bisa lancar," jelas Hadli, Kasie Pertamanan Kecamatan Pulogadung kepada beritajakarta.com di lokasi kejadian.

Kasie Pertamanan Kecamatan Kelapagading, Sumardiono, yang tiba di lokasi bersama 10 anak buahnya, langsung kerja keras. Empat petugas menggergaji pohon tumbang tersebut untuk dievakuasi. Agar lalu lintas berjalan normal, ia juga langsung kordinasi dengan pihak polisi lalu-lintas.

"Kita juga sudah berkoordinasi dengan aparat kepolisian untuk mengatur arus lalu lintas," tegasnya. Kemacetan lalu lintas memang sempat terjadi namun itu tidak berlangsung lama. Sebab selama proses evakuasi bangkai pohon, petugas Polantas mengalihkan kendaraan di jalur lambat ke jalur cepat. (red/*bj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails