Sabtu, Maret 06, 2010

DPRD Apresiasi Pelayanan KTP Keliling

JAKARTA, MP - Pelayanan KTP keliling yang digelar Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Utara di kawasan pemukiman padat Jl Taruna RW 02, Kelurahan Sukapura, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, mendapatkan apresiasi positif dari anggota DPRD DKI dan staf Sekertariat Negara (Setneg), yang sengaja datang ke lokasi hanya untuk melihat proses pelayanan tersebut.

Anggota Komisi A DPRD DKI Neneng Hasanah mengungkapkan, pelayanan KTP keliling di samping memudahkan warga Jakarta yang membutuhkan pelayanan, juga dinilai lebih efisien. Hal ini karena kinerja petugas yang tanpa sungkan memapah orang lanjut usia atau pun lumpuh, hanya untuk mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan tersebut.

"Bagusnya lagi, kegiatan perpanjangan KTP ini lebih memprioritaskan orang lanjut usia. Petugasnya pun giat melakukan jemput bola dengan memapah warga lanjut usia ke lokasi pelayanan. Jika sama sekali tak bisa beranjak, petugasnya yang datang ke rumah warga dan ini perlu mendapatkan apresiasi," ujar Neneng saat menyaksikan pelayanan KTP keliling di Kelurahan Sukapura, Jakarta Utara, Sabtu (6/3).

Pujian serupa juga diungkapkan staf Sekretariat Negara Letkol (Purn) Masi, yang melihat efektivitas pelayanan ini sangat dirasakan sekali manfaatnya, karena langsung menjangkau kepada warga yang membutuhkan.

"Pelayanan ini sudah tepat dan langsung menyentuh kepada masyarakat. Sehingga masyarakat bisa langsung dilayani dengan cepat. Apalagi pelayanan KTP keliling ini juga menjangkau korban-korban musibah seperti kebakaran dan banjir seperti di Pademanganbarat tempo lalu," katanya.

Dirinya menambahkan, pelayanan KTP keliling ini sangat bermanfaat bagi warga yang disibukkan dengan berbagai aktivitas selama sepekan. Apalagi kawasan ini merupakan wilayah padat penduduk.

Kegiatan pelayanan KTP keliling yang dimulai sejak pukul 08.00 ini, juga mendapatkan sambutan antusias dari sejumlah warga. Puluhan warga tampak berbondong-bondong di lokasi pelayanan, untuk memperpanjang KTP yang masa aktifnya telah habis.

Ilham (30), warga RT 04/02 Kelurahan Sukapura, Kecamatan Cilincing, mengaku senang dengan adanya kegiatan pelayanan KTP keliling yang mendatangi tempat tinggalnya. Pasalnya, selama sepekan ia bekerja dan hanya mendapatkan libur hari Sabtu. Karena itu, kedatangan petugas benar-benar dimanfaatkannya untuk mengurus KTP yang sudah habis masa berlakunya.

"Kalau bisa kegiatan seperti ini bisa rutin dilaksanakan setiap sebulan sekali atau tiga bulan sekali, karena pelayanan KTP keliling prosesnya tidak berbelit-belit," ujarnya.

Kasudin Dukcapil Jakarta Utara Edison Sianturi mengatakan, pelayanan prima KTP keliling ini merupakan program Pemprov DKI Jakarta dalam memberikan pelayanan optimal pada masyarakat.

"Kegiatan KTP keliling di Kelurahan Sukapura merupakan putaran yang kesebelas di kawasan Jakarta Utara. Dalam pelayanan KTP keliling, pemohon yang melengkapi persyaratan hanya lima menit menunggu KTP-nya langsung jadi " kata Edison di sela-sela pelayanan KTP keliling.

Bahkan, katanya, seorang pemohon, Sainah (50) yang menderita stroke ringan dipapahnya untuk mendatangi loket pelayanan KTP keliling. "Pokoknya kami memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat sesuai Instruksi Gubernur DKI Jakarta dan Walikota Jakarta Utara," tandasnya. (red/*bj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails