Sabtu, Maret 06, 2010

Sudin Pertamanan Jakut akan Lelang 73 Paket

JAKARTA, MP - Untuk meningkatkan perawatan taman tahun ini, Suku Dinas Pertamanan Jakarta Utara akan melaksanakan kegiatan lelang sebanyak 73 paket pekerjaan. Diantaranya, Pemeliharaan Jalur Hijau 28 paket, Peningkatan Jalur Hijau 18 paket, Peningkatan Taman 25 paket, Pembangunan Taman 2 paket.

"Tahun 2010 ini ada 73 paket pekerjaan yang akan dilelang pada awal April mendatang. Hal itu dilakukan untukn memenuhi target peningkatan perawatan taman sekaligus menambah target memenuhi Ruang Terbuka Hijau (RTH) DKI Jakarta sebanyak 30 persen," kata Isdiyantoro, Kasie Jalur Hijau, Sudin Pertamanan Jakarta Utara, Sabtu (6/3).

Ia menuturkan, hingga akhir tahun 2009 lalu, pihaknya baru menginventarisir atau merawat total lahan Jalur Hijau seluas 107,894,85/M2 yang masing-masing tersebar di 26 titik lokasi.

"Kurangnya anggaran masih menjadi kendala dalam memenuhi target RTH di DKI Jakarta sekitar 30 persen seperti intruksi gubernur," katanya.

Ia menambahkan, anggaran tersebut diantaranya guna pembebasan lahan maupun untuk perawatan yaitu untuk pengadaan Hutan Kota, Taman Kota dan Jalur Hijau dalam rangka pemenuhan target RTH di DKI Jakarta sebanyak 30 persen.

"Untuk tahun ini hanya menambah 2 titik lokasi baru. Yakni, di Jalan RE Martadinata dan Jalan Lodan. Disamping ada peningkatan 18 titik lokasi di jalur hijau yang sudah terawat tadi," jalasnya.

Selain anggarannya terbatas, sambung Isdiyantoro, dana untuk perawatan Jalur Hijau yang telah disetujui pertahunnya juga minim. Ia menyebutkan, permeter perseginya masing-masing untuk Penanangan Prima sebesar Rp3.700,-/M2, Penanganan Sedang Rp1.600,-/M2 dan Penanganan
Rendah Rp850,-/M2.

"Itu sudah termasuk untuk membabat, dan mengetrik rumput, menebang pohon, pedestrian jalan (trotoar) dan pagar pada 1 titik lokasi jalur hijau,"tegasnya. (eko)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails