Sabtu, Februari 20, 2010

Fauzi Bowo Meriahkan Perayaan Imlek Bersama Warga Pluit

JAKARTA, MP - Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo bersama sekitar 300-an warga Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara memeriahkan perayaan tahun baru Imlek 2561/2010 yang digelar di kediaman salah seorang tokoh keturunan Tionghoa, Eddie Kusuma, Jalan Karangsari, No 113, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat (19/2) malam. Sejumlah hiburan seperti nyanyian, atraksi barongsai dan lain sebagainya turut memeriahkan acara tersebut.
Orang nomor satu di DKI Jakarta tak lupa mengucapkan selamat tahun baru Imlek bagi para hadirin yang menghadiri acara tersebut. “Gong Xi Fa Cai, selamat tahun baru Imlek bagi mereka yang meryakan. Semoga di tahun shio Macan ini, semua selalu mendapat berkah dari Tuhan,” kata Fauzi Bowo yang disambut tepuk tangan para undangan yang hadir.

Dalam berbagai kesempatan, khususnya saat berdialog dengan warga etnis Tionghoa, Bang Fauzi, sapaan akrab Fauzi Bowo kembali mengatakan, sejarah Jakarta tidak dapat dipisahkan dengan keberadaan etnis tionghoa. Sejarah mencatat, hubungan warga Jakarta dengan warga Tionghoa tidak semata soal perdagangan saja melainkan juga menyangkut kultur dan budaya. Hal itu terlihat, melalui peninggalan sejarah baik dari literature yang ada maupun cerita turun temurun warga keturunan Tionghoa. “Kebersamaan itu adalah yang paling indah, itu adalah pandangan dan pikiran saya. Kita harapkan Imlek menjadi pemersatu antar etnis yang ada. Karena Imlek sendiri sudah menjadi aset nasional dan bagian dari kultur di Indonesia,” ujar Fauzi Bowo.

Pada kesempatan itu, Eddi Kusuma yang menjadi tuan rumah, tidak ingin mensia-siakan kesempatan bertemu Gubernur DKI Jakarta. Dirinya beserta warga Pluit lainnya meminta kepada Gubernur, agar dibuatkan semacam waduk permanen di sekitar Kali Karang dan Kali Adem yang melintasi pemukiman warga. Hal itu diperlukan untuk melindungi pemukiman warga dari ancaman rob atau saat hujan deras datang. Selama ini, warga hanya mengandalkan tanggul yang dibuat secara swadaya yang kondisinya tidak begitu kuat menahan luapan air.

“Meski kami telah membuat tanggul secara swadaya, namun sepertinya belum mampu menahan luapan air yang terjadi. Kami juga meminta, Gubernur menambah masalah penghijauan dan resapan air yang saat ini jumlahnya sangat minim di tempat kami,” pinta Edi disela-sela dialog.

Menanggapi hal itu, Fauzi Bowo menjelaskan, dalam penanganan antisipasi banjir, Pemprov saat ini tengah melakukan program normalisasi waduk. Hal itu dilakukan supaya luapan air dapat tertampung. Seperti di Waduk Pluit yang seharusnya memiliki luas 88 hektar, kini menyusut menjadi hanya sekitar 68 hektar saja. “Saat ini sedang kita prioritaskan untuk mengembalikan fungsi Waduk Pluit,” kata Fauzi.

Fauzi juga mengatakan, warga Pluit wajib mendukung program normalisasi waduk Pluit. Sebab, kini tidak hanya hujan saja yang membuat banjir melainkan, air pasang laut atau rob juga mengancam kawasan pesisir pantai Jakarta Utara yang kerap menggenangi beberapa pemukiman warga. “Untuk itu kami juga sedang mempebaiki beberapa tanggul di daerah pesisir. Termasuk pembuatan Kanal Banjir Timur (KBT) agar dapat meminimalisir genangan air di Jakarta. Saya minta warga bersabar, normalisasi Waduk Pluit ini segera dilakukan tahun ini,” kata Fauzi.

Sedangkan mengenai masalah penghijauan, Fauzi menegaskan, hal itu merupakan program prioritas Pemprov DKI Jakarta seperti, menambah kawasan ruang terbuka hijau (RTH). Selain itu, sambung dia, Pemprov juga telah membeli sebidang tanah di kawasan Kebonpisang, Penjagalan, Penjaringan yang direncanakan untuk pembangunan Hutan Kota Penjaringan. “Dengan adanya hutan kota, diharapkan daerah resapan air makin bertambah. Belum lagi, kita juga konsen menambah terus tanaman mangrove di bibir pantai agar rob tak lagi menerjang pemukiman,” tandas Fauzi Bowo.

Dalam perayaan Imlek tersebut, turut juga hadir beberapa pejabat negara seperti, Ketua DPR RI, Marzuki Alie. Anggota Komisi VII DPR RI, Rachmat Hidayat dan anggota DPRD DKI Jakarta, Ernawati Soegondo.(red/*bj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails