Selasa, Desember 08, 2009

Sebuah Rumah Terbakar Akibat Salah Sambung Listrik

JAKARTA, MP - Akibat melakukan penyambungan listrik sendiri, sebuah rumah yang berada di Gang Melati Jalan Ampera VII, RT 7/15, Kelurahan Pademangan Barat, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara, Selasa (8/12) terbakar.

Sedikitnya 12 unit mobil dinas pemadam kebakaran dari Sudin Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Utara dikerahkan untuk memadamkan. Beruntung api berhasil dipadamkan sebelum merembet ke tempat lain.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun di lapangan, peristiwa kebakaran terjadi pukul 10.00 WIB. Api berasal dari rumah Ny Bebe (55), tidak merembet ke pemukiman yang padat penduduk. Petugas pemadam yang datang ke lokasi sempat sulit untuk memadamkan api.

Pasalnya, lokasi kebakaran berada di gang sempit. Warga yang berada di lokasi kebakaran sempat panik ketika mengetahui ada kobaran api, mereka pun berupaya menyelamatkan barang berharga dari dalam rumah. Akibatnya petugas kesulitan untuk masuk ke lokasi kebakaran.

Akhirnya api yang menghanguskan rumah Ny Bebe dapat dipadamkan dalam waktu 30 menit. Pengakuan ibu enam anak itu, kebakaran diakibatkan penyambungan kabel listrik yang diputus PLN. "Listrik saya sudah diputus tiga hari lalu," keluh nenek tujuh cucu tersebut.

Lantaran listriknya dipadamkan, akhirnya Bebe pun menyuruh anaknya Rinto untuk menyambung aliran listrik yang diputus. Dampak main sambung listrik tersebut, akhirnya terjadi konseleting listrik hingga menyebabkan kebakaran. "PLN terlalu kejam, masa nunggak satu bulan sudah main putus," keluh Bebe.

Dalam peristiwa kebakaran tersebut, Untung (25) warga sekitar mengalami luka di bagian kaki akibat terkena pecahan beling. Dampak kebakaran tersebut, listrik di wilayah lokasi kebakaran padam.

Sementara Kanit Reskrim Polsek Pademangan, Inspektur Satu Polisi (IPTU) Suharto saat dikonfirmasi mengatakan kebakaran diduga akibat konseleting listrik. “Untuk sementara ini dugaan karena korseleting listrik,” jelasnya.

Sementara itu Perwira Piket Sudin Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Utara, Biduan Sitorus, mengatakan, dalam peristiwa kebakaran tadi pagi hanya satu rumah. Dan tidak ada korban jiwa.

“Meskipun petugas sempat kewalahan memasuki lokasi kebakaran, tetapi api berhasil dipadamkan dan tak sempat menyebar ke tempat lain,” jelasnya. (kos)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails