Jumat, Desember 18, 2009

Malam Tahun Baru, Ancol Targetkan 302 Ribu Pengunjung

JAKARTA, MP - Momen pergantian tahun menjadi ajang yang paling ditunggu bagi pengelola tempat rekreasi dan hiburan di Jakarta, untuk menjaring pengunjung sebanyak-banyaknya. Seperti dilakukan Taman Impian Jaya Ancol (TIJA), yang setiap tahun jadi pusat hiburan menyambut pergantian tahun. Ditargetkan jumlah pengunjung pada perayaan malam pergantian tahun mencapai 302 ribu pengunjung.

"Kami optimis 302 ribu pengunjung datang pada perayaan liburan akhir tahun ini. Terlebih, ada momentum Natal dan malam Tahun Baru yang biasanya menjadi puncak kedatangan pengunjung ke Ancol. Tahun 2008 lalu target yang kami tetapkan 260 ribu pengunjung, tapi di luar dugaan mencapai 285 ribu pengunjung. Kami yakin untuk tahun ini pun, pengunjung yang datang melampaui target yang kita harapkan,” ujar Nugroho Da Gomez, Kepala Departement Corporate Plan PT Pembangunan Jaya Ancol. Tbk selaku pengelola Taman Impian Jaya Ancol, Jumat (18/2).

Gomez menambahkan, target kunjungan Ancol pada liburan akhir tahun terus meningkat dalam dua tahun terakhir. Terlebih, sejak dua tahun lalu, Pemprov DKI Jakarta telah menetapkan kawasan rekreasi dan wisata pantai ini menjadi pusat acara perayaan malam pergantian tahun.

“Sebelumnya pada tahun 2007 lalu, jumlah kunjungan Ancol saat liburan akhir tahun hanya 200-an ribu pengunjung saja. Karena saat itu, pusat perayaan pergantian tahun selalu dilakukan di Monas,” jelasnya.

Untuk menyambut kedatangan pengunjung, pihaknya juga telah melakukan berbagai persiapan dan pembenahan. Salah satunya, dengan mempersiapkan kantong-kantong parkir untuk mengantisipasi kemungkinan membludaknya pengunjung.

“Kantong parkir yang kita siapkan mampu menampung 15 ribu mobil dan 50 ribu motor, dari kondisi eksisting (normal) yang hanya 8 ribu mobil dan 10 ribu motor. Kantong parkir tambahan sudah siap digunakan. Bahkan di sebelah selatan lokasi Pasar Seni dan Teater Mobil, kami juga fungsikan sebagai tempat parkir tambahan jika dibutuhkan,” jelasnya.

Di samping mempersiapkan sarana parkir, pihaknya juga telah menyiapkan sarana transportasi yang mampu mengantarkan pengunjung ke sejumlah areal hiburan di dalam kawasan Ancol. Dengan keberadaan sarana transportasi itu, pengunjung bisa menjangkau seluruh tempat yang ada.

“Angkutan di seputar wilayah Ancol (inner transportation) juga telah kita siapkan jauh-jauh hari. Ada 9 unit kendaraan yang siap mengantarkan pengunjung ke berbagai unit di dalam wilayah Ancol, tanpa dipungut bayaran” tambahnya.

Untuk meningkatkan keamanan demi kenyamanan pengunjung, pihak Ancol juga telah bekerja sama dengan Polres Jakarta Utara dengan menyediakan aparat keamanan di beberapa pos jaga, di seputar wilayah Ancol yang akan selalu siap membantu pengunjung.

“Petugas keamanan juga kami tingkatkan, dari 25 personel menjadi 325 personel yang merupakan gabungan dari unsur keamanan Ancol, kepolisian, dan TNI. Itu belum termasuk 32 kamera CCTV yang difungsikan untuk memantau kondisi lalu-lintas dan keamanan untuk pengunjung Ancol,” tukasnya.

Gomez menuturkan, kedatangan pengunjung juga akan semakin dimanjakan dengan kehadiran pertunjukan Wolverine dan Scorpion Pirates dari Amerika Serikat. Selain itu ada juga, pagelaran seni budaya internasional yang menghadirkan karya seni keramik kontemporer buatan seniman nasional dan mancanegara.

“Untuk malam puncak pergantian tahun, ada pesta kembang api yang rencananya akan dihadiri Gubernur Fauzi Bowo dan sejumlah artis kenamaan ibukota. Ada tiga lokasi yang kita siapkan untuk pesta kembang api yaitu Pantai Carnaval, Pantai Festival dan Putri Duyung Cottage. Saat ini, 3000 kembang api juga telah kita siapkan,” katanya. (red/*bj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails