Jumat, Desember 11, 2009

Hari Minggu, Kelapa Gading Bebas Polusi

JAKARTA, MP - Di kawasan Kelapa Gading Jakarta Utara, Minggu 13 Desember 2009, akan diberlakukan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) mulai jam 06.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB.

Sejumlah jalan di Kelapa Gading Jakarta Utara, masing-masing Jalan Boulevard Artha Gading, sampai Jalan Kelapa Nias Raya Kelapa Gading Jakarta Utara.

Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Utara, Drs Hotman Silaen, penutupan jalan atau car free day ini, bertujuan mengkampanyekan penggunaan kendaraan pribadi secara bijaksana dan efisien.

"Meskipun agak sulit merubah perilaku yang sudah ketergantungan terhadap penggunaan kendaraan pribadi. Namun kebiasaan bersepeda dan berjalan kaki adalah suatu tekad mulia untuk menanggulangi masalah pencemaran udara," papar Hotman.

Pelaksanaan car free day di kawasan Kelapa Gading ini, merupakan kali kedua setelah sebelumnya pada bulan Juli 2009 lalu. Hasil evaluasi car free day lalu, dinilai efektif dalam upaya pemulihan mutu udara di kawasan Kelapa Gading Jakarta Utara.

Penyelenggaraan car free day ini, juga dalam rangka memenuhi amanat Perda No.2 Tahun 2005 tentang pengendalian pencemaran udara.

Pada acara tersebut akan dimeriahkan sepeda santai bersama Walikota Jakarta Utara Bambang Sugiyono beserta jajarannya yang diikuti komunitas sepeda ontel dan Bike to Work. Selain itu juga dilakukan penanaman pohon secara simbolis oleh Walikota di Bukit Gading Vila dan berbagai acara lainnya, seperti senam, pertandingan futsal, lomba atraksi sepeda dari Assosiasi BMX Indonesia, bazaar, hiburan musik dan lainnya. (cok)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails