Jumat, November 27, 2009

Sejumlah Masjid Tunda Pemotongan Hewan

JAKARTA, MP - Sejumlah masjid di wilayah Jakarta Utara menunda pemotongan hewan kurban hingga hari kedua Idul Adha. Alasannya, waktu di Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada Jumat, (27/11), sangat sempit.

"Karena ada Sholat Jumat," kata panitia pemotongan hewan kurban Masjid Islamic Center, Farid Broto, saat ditemui di kantornya, Jumat (27/11).

Akibatnya, masjid yang terletak di Jalan Keramat Jaya, Koja, Jakarta Utara, ini masih menerima pendaftaran hewan kurban sampai Sabtu (28/11). "Sampai sebelum waktu Sholat Zuhur, karena setelah sholat dagingnya akan dibagikan" ujar Farid.

Sampai Jumat sore, masjid yang mengeluarkan 2.500 kupon pengambilan daging tersebut, telah menerima 45 ekor kambing dan 11 sapi.
Masing-masing kupon dapat ditukar dengan sekantong plastik daging seberat satu kilogram.

"Kuponnya kami bagikan kepada warga sekitar, sesuai dengan database yang ada," kata dia. "Dan beberapa masjid yang mengajukan proposal."

Selain dari masyarakat sekitar, hewan-hewan kurban di Masjid Islamic Center berasal dari sumbangan kantor-kantor dinas di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Penundaan pemotongan hewan kurban hingga hari kedua Idul Adha, juga terjadi di Masjid Al Muawwanah, Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara. "Kami tunda sampai besok, supaya ibadah Sholat Jumat tidak terganggu," kata Ketua Panitia Kurban Masjid Al Muawwanah, Sopeh.

Pemotongan 12 ekor kambing dan seekor sapi yang diterima masjid ini akan dilakukan sejak pukul 08.00 WIB. Kupon yang disebar kepada warga sekitar sebanyak 600. "Per kupon akan mendapat satu kilogram daging," ujar dia.

Berdasar pantauan di lapangan, sejumlah masjid lainnya yang menunda pemotongan adalah Masjid Sholihin, Tugu Selatan, Masjid Al Mustaqin, Tanjung Priok, dan Masjid Nurud Dakwah, Rawa Badak. (red/*tif)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails