Rabu, November 11, 2009

Marunda Center, Jakut akan Miliki Pelabuhan Laut

JAKARTA, MP - Kawasan industri dan komersial terpadu Marunda Center segera memiliki Pelabuhan Laut setelah menyelesaikan persetujuan harga dengan PT. Pelindo II. "Saat ini masih negosiasi harga dengan PT.Pelindo II, tetapi kami menargetkan dapat dibangun akhir 2009," kata Direktur PT.Tegar Primajaya, Iwan Djunaedi di Jakarta.

Rencananya pelabuhan ini dapat menampung berbagai komoditi sampai dengan kapasitas 5 juta ton sehingga pengusaha yang sudah investasi di kawasan ini akan diuntungkan, katanya.

Pelabuhan sendiri akan menempati lahan seluas 6 hektar serta dibuat akses cukup lebar untuk memudahkan industri yang berlokasi di kawasan itu yang akan mengirimkan barang melalui laut.

Iwan mengaku kapasitas pelabuhan sangat terbatas mengingat kondisi perairan yang termasuk laut dangkal sehingga perlu rancangan khusus agar kedalamannya bisa sampai tujuh meter.

Dengan keterbatasan ini, rencananya pelabuhan hanya untuk melayani perdagangan di dalam negeri, sedangkan perdagangan luar negeri tetap melalui Pelabuhan Tanjung Priok.

"Untuk menuju Pelabuhan Tanjung Priok juga tidak sulit karena dari lokasi jaraknya hanya 9,8 kilometer saja. Apalagi pemerintah tengah menyiapkan akses tol Tanjung Priok," katanya.

Dalam rangka memudahkan pengiriman barang, Marunda Center rencananya juga akan dilengkapi dengan depo peti kemas. "Kami tidak membangun terminal peti kemas karena butuh lahan luas," ujarnya.

Kawasan tersebut akan dilengkapi fasilitas untuk memudahkan kegiatan ekspor dan impor seperti logistik dan ekspedisi termasuk di dalamnya depo peti kemas.

Marunda Center memiliki lahan seluas 500 hektar diembangkan dengan sistem cluster namun masih dalam satu kawasan terpadu sehingga pemilik industri akan dimudahkan dalam menjalankan usahanya.

Ia mengatakan, sesuai peraturan seluruh industri harus beroperasi dalam kawasan industri dan dapat menampung semua industri kecuali apabila memiliki limbah B3.(red/*b8)

4 komentar:

  1. kampungnye si pitung tuh...., wah hebat yeee ade kemajuan juge neh. Selamet yee Moge2 Suksesss

    BalasHapus
  2. wah mantep nih.... sukses aja buat mereka...!!

    BalasHapus
  3. mudah-mudahan tidak ada yang dirugikan dengan pembangunan itu. Telah banyak cerita sedih mengenai digusurnya wong cilik untuk alasan peningkatan ekonomi dengan membangun mall dan pelabuhan. Tapi yang menikmati fasilitas itu semua hanya orang berduit. Warga setempat hanya menjadi penonton dibalik pagar bangunan dan apabila diikutsetakan hanya sebagai tukang parkir ataupun bagian bersih-bersih. :)

    BalasHapus
  4. Ya, semoga saja. Proyek tersebut tidak merugikan rakyat kecil bro...

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails