Senin, November 30, 2009

Ancol Tak Aman Lagi, Pengunjung Resah

JAKARTA, MP - Maraknya pencurian yang terjadi di kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, menjadikan kawasan itu tak aman lagi bagi pengunjung. Buktinya, selama tiga hari libur panjang Hari Raya Idul Adha kemarin, dalam sehari puluhan pengunjung menjadi korban aksi pencurian. Dari jumlah itu, hanya sebagian kecil saja yang melaporkan ke polisi.

Pelaku pencurian sengaja memanfaatkan kelengahan pengunjung. Dalam tempo sekejap, barang berharga pengunjung lenyap digondol pencuri. Namun dari sekian banyak pelaku pencurian, tak sedikit pula yang tertangkap tangan tengah beraksi.

Seperti yang dialami Christine Panjaitan (42), seorang pencuri yang berlagak sebagai pengunjung wahana Dunia Fantasi. Minggu (29/11) sore, dia kepergok mencuri tas milik Dahlia Wulandari (26), saat mengantri menaikki wahana Cora-cora. Beruntung, pelaku segera diamankan petugas keamanan Ancol. Jika tidak mungkin sudah menjadi bulan-bulanan massa.

Wanita yang mengaku tinggal di wilayah Jakarta Barat ini pun segera diamankan petugas keamanan Ancol sebelum diserahkan ke Polsek Pademangan, Jakarta Utara. “Untungnya petugas kepolisian yang sedang berpatroli sigap mendatangi lokasi dan segera mengamankan pelaku dari kerumunan pengunjung yang geram. Apalagi kejadian seperti ini bukan sekali ini saja, tetapi sudah berulang kali," kata Wawan Setiawan, Kapolsek Pademangan, Jakarta Utara, Senin (30/11).

Untungnya, korban Dahlia Wulandari menyadari kalau tas warna hitam miliknya sudah berpindah tangan. Melihat pelaku belum sempat lari jauh, korban pun berteriak. Pelakupun akhirnya berhasil dibekuk dan tas korban yang berisi lima unit handphone serta dompet berisi uang tunai Rp5 juta berhasil diselamatkan. "Namun, kasusnya masih dalam penyelidikan petugas," jelas Kapolsek.

Diakuinya, setiap lokasi yang menjadi pusat perhatian orang banyak, pasti banyak dimanfaatkan orang untuk berbuat jahat. “Jadi saya mengimbau masyarakat agar terus waspada di mana saja berada, termasuk di lokasi wisata,” imbaunya.

Pada hari yang sama juga terjadi pencurian mobil di Taman Impian Jaya Ancol. Pelakunya, Fauzi (34) berhasil keluar dari lokasi Ancol dengan menabrak palang parkir menggunakan mobil curiannya Toyota Kijang B 2699 XK warna hijau metalik milik Abidin (47), warga Jl Margonda Blok E 28 No 4 RT 04/10 Pengasinan, Rawa Lumbu, Bekasi.

Beruntung petugas Polsek Pademangan yang mengetahui peristiwa itu segera mengejar pelaku. Namun, seperti dalam film laga, pelaku mencoba kabur hingga terjadi kejar-kejaran antara pelaku dengan petugas.

Sampai di Jalan Gunung Sahari Raya, warga Jl Masjid Jami Nurul Fijri RT 04/02 Pondok Aren Tangerang ini, dipepet oleh petugas. Pelaku yang gugup segera memberhentikan mobilnya dan keluar serta berusaha kabur. Petugas pun segera berteriak untuk menghentikan langkah pelaku.

Warga sekitar yang mendengar teriakan petugas segera menghadang pelaku dan menghajarnya dengan sebilah balok. Pelaku pun terluka di bagian kepala terkena hantaman balok dan tersungkur. Petugas pun langsung menangkap dan mengamankannya ke Polsek Pademangan, Jakarta Utara.

Maraknya peristiwa pencurian di Ancol membuat resah pengunjung. Seperti diakui Chaerul, warga Koja yang ditemui saat berkunjung ke Ancol. “Seharusnya keamanan di Ancol lebih ditingkatkan lagi. Dulu teman saya juga pernah kehilangan mobil Kijang Avanza, tetapi diminta jangan melapor polisi karena pihak Ancol bersedia mengganti melalui asuransi,” katanya yang mengaku pernah kehilangan dompet saat di tempat MCK di dekat pantai.

Humas PT Taman Impian Jaya Ancol, Niken, mengakui maraknya aksi pencurian di Ancol. Namun demikian, sebagai destinasi wisata, pihaknya selalu berusaha meningkatkan keamanan. “Peristiwa seperti ini tidak hanya terjadi di Ancol. Tetapi sebagai destinasi wisata, kita selalu berusaha meningkatkan keamanan pegunjung dengan terus meningkatkan fungsi kontrol dan pengamanan wilayah,” jelas Niken, Senin (30/11).

Selain itu, katanya, pihak manajemen juga selalu memberi laporan ke polisi dan berkoordinasi dengan aparat keamanan untuk pengamanan di wilayahnya. Sekadar diketahui, selama tiga hari libur Idul Adha 1430 H, kawasan Ancol dipadati sekitar 175.454 pengunjung dengan rincian umat (27/11) tercatat 68.480 pengunjung, Sabtu (28/11) tercatat 62.846 pengunjung, dan Minggu (29/11) tercatat 44.128 pengunjung. (red/*bj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails