Selasa, September 01, 2009

Mudik Lebaran di Tanjung Priok Naik 10 Persen

JAKARTA, MP - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Cabang Tanjung Priok memperkirakan, jumlah penumpang yang naik dan turun selama Angkutan Lebaran 2009 di terminal penumpang pelabuhan terbesar di Indonesia itu diperkirakan mencapai sekitar 46 ribu orang atau naik sekitar 10 persen dibanding realisasi tahun lalu.

"Perkiraannya sebesar itu. Arus penumpang kapal sudah terlihat dalam tiga bulan terakhir tahun ini yakni Mei mencapai 24.215 orang, Juni 38.736 orang dan Juli mencapai angka 52.422 orang," kata Asisten Manajer Pelayanan Pelanggan dan Humas PT Pelindo II Cabang Tanjung Priok, Hambar Wiyadi saat dihubungi di Jakarta, Selasa (1/9).

Ia menjelaskan, pihaknya dalam mengantisipasi lonjakan penumpang selama Angkutan Lebaran 2009 menyediakan dermaga 105 dan 106 sepanjang 450 meter dan jika diperlukan akan dialokasikan tambahan dermaga 107 sepanjang 100 Meter.

"Tiga dermaga ini mampu mengantisipasi kedatangan arus kapal penumpang yang datang pada saat yang bersamaan," katanya.

Untuk angkutan lebaran kali ini, lanjutnya, ada tujuh operator kapal yang dilayani di Terminal Penumpang Nusantara Pura Tanjung Priok yakni PT Pelni mengoperasikan 15 unit kapalnya sandar di Pelabuhan Tanjung Priok dengan berbagai tujuan untuk Indonesia Barat dan Timur, PT Prima Vista mengoperasikan dua unit kapal tujuan Pontianak PP dan PT Sentosa Lestari Abadi satu unit kapal tujuan Pangkal Balam PP.

Juga, PT Munic Lines satu unit kapal tujuan Banjarmasin PP, PT Bukit Merapin tiga unit kapal tujuan Tanjung Pandan dan Pangkal Balam PP, PT Bintang Jasa Lautan satu unit kapal tujuan Tanjung Pandan PP dan PT Srikandi Bahtera Nusantara satu unit kapal tujuan Pangkal Balam.(red/*b8)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails