Minggu, April 17, 2011

Pemkot Jakut Ngotot Bangun Wisata Pesisir Gelontorkan Rp37,4 Miliar

JAKARTA, M86 - Pemerintah Jakarta Utara ngotot mengembangkan potensi 12 wisata pesisir. Bahkan pada tahun anggaran 2011, dana yang telah disiapkan untuk membangun dan mengembangkan wisata pesisir mencapai Rp37,4 miliar dengan 113 kegiatan. Setiap tahun dana wisata pesisir yang digelontorkan terus meningkat.

Menurut Walikota Bambang Sugiyono, dana ini akan dipakai untuk membangun infrastruktur pendukung, seperti jalan, lampu penerangan, dan kios informasi untuk wisatawan. Sebagian anggaran juga dialokasikan untuk mensponsori pertunjukkan seni diberbagai objek wisata pesisir.

Sejak Juli 2009 lalu, pemerintah memang telah meluncurkan program 12 jalur destinasi wisata pesisir dengan dukungan dana Rp25 miliar. “Jakarta Utara punya banyak potensi wisata. Selama ini yang orang tahu hanya Taman Impian Jaya Ancol. Padahal banyak objek wisata yang bisa dipilih dari wisata kuliner, religi, wisata budaya, wisata sejarah, hingga bahari,” kata Bambang.

Walikota berharap agar pariwisata dapat menjadi sektor andalan dalam perekonomian Jakarta Utara. “Kami melibatkan masyarakat di sekitar kawasan wisata. Sehingga peningkatan kunjungan wisatawan diharapkan dapat menyerap lapangan pekerjaan dan menggurangi jumlah keluarga miskin di Jakarta Utara yang mencapai 54 ribu," katanya.

Bahkan Pemkot juga akan merencakana menyediakan angkutan bus wisata yang melayani trayek melalui objek wisata ini. “Jika akses masyarakat untuk datang ke lokasi wisata mudah, tentu akan menarik minat banyak orang tentunya ada efek positif bagi warga sekitar,” ujarnya. (jek)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails