Sabtu, Maret 12, 2011

Diduga Dibekingi Satpol PP, PKL Jl Kramat Jaya Marak

JAKARTA, M86 - Warga dan pengguna jalan mengeluhkan keberadaan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang bercokol di atas saluran dan trotoar di Jl Kramat Jaya atau tepat di depan Ramayana Dept Store. Masalahnya keberadaan PKL itu memicu kemacetan parah dan membuat kawasan sekitar semrawut."Meskinya PKL ini tahu diri! Jangan dagang di atas trotoar dan saluran air, kasihan pejalan kaki tidak bisa melintas. Keberadaan mereka justru membikan kondisi sekitar semrawut dan memicu terjadinya kemacetan parah," Kesal Suryanti (39), warga Tugu Utara, Koja.

Ironisnya, para PKL Ini sengaja memanfaatkan lahan saluran air di atasnya untuk mendirikan lapak, bahkan adapula yang memanfaatkan tempat pejalan kaki atau trotoar. Berdasarkan pantauan, maraknya PKL terlihat di Jalan Kramat Jaya, Koja itu sudah berlangsung lama. Meskipun sudah berkali-kali ditertibkan petugas, toh para pedagang membandel dan kembali membuka dagangannya. Mereka mendirikan lapak dengan ukuran 3 X 3 dengan triplek dan papan dengan bangunan permanen.

Menurut Suyanti, keberadaan PKL itu mengganggu warga dan wisatawan yang akan berwisata ke Islamic Center Jakarta (ICJ) yang merupakan bagian dari 12 Destinas Pesisir. Akibat ulah pedagang ini saluran air kurang mendapat perhatian, trotoar dimanfaatkan sebagai dagangan, dan mengakibatkan akses jalan tersebut macet dan semerawut.

Hal Serupa juga dikeluhkan Ryan (30), warga lainnya mengatakan, para PKL itu dulu pernah ditertibkan, namun kenyataannya hadir lagi. "Ya, gimana lagi PKL itu sudah seringkali ditertibkan. Tapi setelah petugas balik kanan mereka kembali menggelar dagangan. Padahal keberadaan mereka membuat macet dan menyulitkan para pejalan kaki lantaran trotoarnya digunakan untuk mendirikan lapak," katanya.

Keberadaan PKL itu kata Ryan merupakan dampak dari kehadiran mal Ramayana Dept Store. Seharusnya pengelola mal itu menyediakan tempat atau lapak bagi para PKL. Sehingga mereka tidak berjualan di bahu jalan dan trotoar. (jek)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails