Selasa, Maret 16, 2010

Minggu, Jakut Kembali Gelar HBKB

JAKARTA, MP - Udara bersih merupakan kebutuhan pokok manusia khususnya bagi masyarakat Jakarta. Salah satu upaya untuk menciptakan udara bersih yaitu dengan menggelar hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau Car Free Day.

Untuk mengurangi polusi udara pada kawasan tertentu, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara kembali akan menggelar HBKB, Minggu (21/3) mendatang dengan menutup sepanjang kawasan Jalan Boulevard Artha Gading hingga Jalan Kelapa Nias Raya. "Kami akan melaksanakan kembali HBKB. Kegiatan akan dikonsentrasikan di Jalan Kelapa Nias Raya atau depan Sport Mall," ujar Hotman Silaen, Kepala Kantor Lingkungan Hidup Jakarta Utara, Selasa (16/3).

Kegiatan HBKB, kata Hotman, memiliki beberapa tujuan seperti mengampanyekan dan memberikan edukasi kepada masyarakat akan perlunya udara bersih. HBKB, lanjutnya, diharapkan dapat mengubah perilaku masyarakat terhadap ketergantungan akan kendaraan bermotor pribadi baik roda empat maupun roda dua. "Diharapkan masyarakat beralih dari penggunaan kendaraan pribadi ke angkutan umum, bersepeda, atau berjalan kaki," kata Hotman Silaen.

Selain pada tanggal 21 Maret, lanjut Hotman, HBKB tingkat Kota Jakarta Utara juga akan kembali digelar pada 8 Agustus dengan lokasi alternatif pertama yakni Jalan Cilincing Raya dan alternatif kedua di Jalan Putra Putri, Penjaringan, Jakarta Utara serta 14 November di Jalan Danau Sunter Barat. "Jika pada HBKB dilakukan pengukuran kualitas udara, maka pelaksanaan HBKB di Jalan Danau Sunter Barat akan digelar tanpa melakukan pengukuran kualitas udara," jelas Hotman.

Tahun ini selain tingkat kota, pelaksanaan HBKB juga akan digelar di tingkat kecamatan. Untuk tingkat kecamatan antara lain akan dilangsungkan 18 April di Jalan Pluit Karang Utara-Jalan Pluit Samudera Kecamatan Penjaringan, 23 Mei di Jalan Budi Kemuliaan Kecamatan Pademangan, 20 Juni di Jalan Danau Sunter Selatan Kecamatan Tanjungpriok, 18 Juli di Jalan Boulevard Timur Raya Kecamatan Kelapagading, 19 September di Jalan Sindang Raya Kecamatan Koja, serta 17 Oktober di Jalan Sungai Landak Kecamatan Cilincing.

Untuk memeriahkan HBKB, selain penutupan jalan dan pengukuran kualitas udara, juga akan digelar berbagai macam acara yang melibatkan masyarakat seperti, sepeda santai, senam jantung sehat, futsal, bazar, pentas musik, dan berbagai macam acara lainnya. "Kita juga melibatkan masyarakat untuk memeriahkan kegiatan ini," tandas Hotman. (red/*bj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails