Rabu, Maret 17, 2010

Eddy Jasa, Sang Motivator Warga Pademangantimur

JAKARTA, MP - Membangun sebuah kerukunan dan kekompokan dalam lingkungan bukanlah pekerjaan mudah. Namun dibutuhkan sikap kedewasaan dan jiwa sportivitas yang tinggi. Ini yang tercermin dari seorang Eddy Jasa sebagai penggerak warga Kelurahan Pademangantimur.

Hal itu dibuktikan dengan puluhan spanduk yang berisi dukungan segala program kelurahan untuk mengajak dan memotivasi warga agar turut mendukung program tersebut.

Dan spanduk layaknya layanan masyarakat dengan berbagai seruan seperti mengajak warga untuk menjaga kebersihan, mengajak warga mensukseskan Adipura, mengajak warga meningkatkan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan sebagainya dipampang pada setiap sudut lingkungan di Kelurahan Pademangan Timur, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara.

Wakil Lurah Pademangan Timur, Yoddi Santoso, membenarkan, ketokohan Eddy Jasa yang kesehariannya berdagang material bahan bangunan itu mampu mengayomi warga tionghoa dan pribumi menjadi satu suara di Kelurahan Pademangan Timur.

"Ibarat lidi yang bercerai berai disatukan dalam ikatan yang mampu menyuarakan tujuan yang hendak dicapai, khususnya dalam mendukung segala program kinerja pemerintah melalui kelurahan," kata Yoddi yang ditemui di kantor Sekretariat RW03, Pademangantimur, Pademangan, Jakarta Utara, Rabu (17/3).

Ia menjelaskan, warga di Pademangantimur lebih didominasi oleh warga keturunan Tionghoa yaitu berkisar 60 persen sedangkan pribumi hanya 40 persen. Namun mereka hidup dengan kebersamaan tidak ada perbedaan satu dengan yang lainnya. "Saat ini Pademangantimur memiliki 145 RT dengan 10 RW yang kebanyakan warganya adalah keturunan Tionghoa," jelasnya.

Dan dalam berbagai kegiatan kelurahan demi warga, Eddy selalu maju di depan sekaligus penggerak moril termasuk bantuan dalam bentuk materiil guna mendukung kesuksesan jalannya kegiatan. "Dalam setiap kegiatan kemasyarakatan baik itu kegiatan sosial maupun program pemerintah, sosok Eddy selalu mendukung dengan berbagai bantuan mulai dari tenaga hingga finansial," jelas Wakil Lurah Pademangantimur.

Sementara itu Eddy Jasa, mengakui awalnya agak sulit memberikan pengetian mengenai kekompokan warga yang diwujudkan dalam setiap kegiatan. "Seiring waktu kekompokkan itu mengarah lebih baik. Tentunya kekompakan warga di lingkungan Pademangantimur itu tak lepas dari kepamongan yang diterapkan sang Lurah maupun Wakil Lurah-nya," jelas
Eddy.

Baginya ketika sesorang yang telah tinggal di lingkungan tersebut harus menjunjung tinggi kehidupan di sekitar lingkungan tersebut dan mampu memajukan wilayah itu. "Dimana bumi dipijak disitu bumi dijunjung,"kata pria yang keturunan Tionghoa ini.

Dan kegiatan warga yang selama ini masih dilakukan di Kelurahan Pademangantimur bersama warga yaitu kerja bakti setiap Minggu, arisan RW bergilir, karaokean ataupun kegiatan keagamaan.

"Apalagi dalam kegiatan persiapan penilaian Adipura 2010. Dia maju duluan memberikan dukungan kepada masyarakat baik moril maupun materiil," kata Joddi. (cok)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails