Selasa, Desember 29, 2009

2.240 Polisi Siap Amankan Tahun Baru di Jakut

JAKARTA, MP - Untuk menjaga keamanan menjelang malam tahun baru, jajaran Polres Metro Jakarta Utara akan mengerahkan 2.240 anggotanya, 1.650 diantaranya merupakan BKO (bawah kendali operasi) dari Direktorat Kepolisian Perairan Polda Metro Jaya. Mereka akan difokuskan untuk pengamanan di dua titik keramaian yakni kawasan La Piazza Kelapa Gading sebanyak 240 personil dan Taman Impian Jaya Ancol 2000 personil.

Kapolres Jakarta Utara, Kombes Pol Rudy Sufahriadi, menyebutkan, selain menerjunkan anggotanya, ia juga akan mengoperasikan delapan kapal. Masing-masing adalah dua kapal akan ditempatkan di Pantai Marina, dua kapal di Pantai Karnaval, dua kapal standby di kantor Direktorat Polair Polda Metro Jaya dan dua kapal di PLTU Pelabuhan Ikan Nuri. Untuk pengamanan di kawasan La Piazza Kelapagading, akan dilakukan oleh Polsek Kelapa Gading. Sedangkan untuk pengaturan lalu lintas akan ditempatkan personil dari Samapta.

Seperti tahun lalu, pengamanan di Ancol akan dipusatkan pada sejumlah pintu gerbang. Selain itu akan dibuatkan enam posko pengamanan yang disebar di Pasar Seni Ancol, Pantai Bende, Pantai Karnaval, dan Pantai Festival. "Biasanya pengunjung membludak di pintu masuk. Sehingga pengunjung bakal kesulitan untuk keluar masuk. Jadi untuk evakuasi keamanan dan emergency disediakan jalur khusus yaitu gerbang Ekamuri atau pintu PLTU,” ujarnya, Selasa (29/12).

Ia juga mengajak seluruh elemen masyarakat yang akan merayakan malam tahun baru di tempat-tempat keramaian untuk bersama-sama menjaga keamanan agar tetap kondusif. Selain menggunakan media spanduk, imbauan agar warga tetap menjaga keamanan juga dilakukan dengan menggunakan alat pengeras suara.

Kapolres menyebutkan, pengamanan akan dimulai dari tanggal 31 Desember 2009 pagi hingga tanggal 1 Januari 2010 sore. Setelah itu, kegiatan rutin akan ditempatkan di dua titik yang menjadi konsentrasi massa di Jakarta, yaitu di Ancol Jakarta Utara dan TMII Jakarta Timur.

Humas PT Pembangunan Jaya Ancol, Sofia Cakti mengungkapkan, pengamanan internal akan dilakukan oleh sekitar 325 personel. “Biasanya dalam kondisi eksisting hanya 125 personel,” ujar Sofia Cakti, Selasa (29/12).

Pengamanan dilakukan oleh petugas gabungan yang berasal dari unsur Polisi, TNI, PMI, dan Pramuka. Selain itu juga disiapkan tujuh ambulans yang tersebar di Pantai Carnaval, Posko Induk Tengah, Pasar Seni, Atlantis Water Adventure, dan Pantai Festival.

“Ada juga empat mobil pemadam kebakaran dan sepuluh kapal yang disiagakan di beberapa dermaga di Ancol,” lanjutnya. Ia menargetkan, tahun 2009 ini kunjungan Ancol mencapai 14 juta pengunjung Ancol. Sedangkan tahun lalu hanya mencapai 13,9 juta, dengan begitu ada kenaikan jumlah pengunjung 10 persen. (red/*bj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails