Sabtu, November 28, 2009

Ditinggal Mudik, 50 Rumah Ludes Terbakar

JAKARTA, MP - Sedikitnya 50 rumah semi permanen di Kampung Baru RT 011/11, Pluit, Penjaringan Jakarta Utara, Sabtu (28/11) pukul 06.00 ludes dilalap si jago merah. Kebakaran diduga akibat korsleting listrik di rumah Rasinah, yang ditinggal mudik ke kampung. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Hanya saja kerugian materi diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Informasi yang diperoleh di lapangan menyebutkan, api mulai berkobar di rumah Rasinah. Saat kejadian, ia tengah mudik ke kampung halaman untuk menikmati libur lebaran Idul Adha 1430 H. Bahkan beberapa tetangganya juga tengah sibuk di pasar ikan. Rata-rata pemilik rumah yang gosong itu adalah pedagang ikan di Muara Angke.

"Waktu kejadian rumah ditinggal mudik pemiliknya. Sedangkan tetangganya masih sibuk di pasar berjualan ikan. Makanya api cepat berkobar dan sulit dipadamkan," ujar Fadil, warga setempat.

Melihat api mulai membesar, Fadil pun berteriak membangunkan warga lainnya yang masih terlelap tidur. Dalam sekejap, sebagian warga langsung panik dan berhamburan keluar menyelamatkan barang-barang berharga masing-masing. Sebagian warga lainnya, bahu membahu berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Namun karena mayoritas bangunan terbuat dari kayu, api langsung menghanguskan seluruh bangunan. Api baru dapat dipadamkan, setelah 15 unit mobil pemadam kebarakan dari Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Utara tiba di lokasi.

Kapolsek Sunda Kelapa, AKP Kristanto Yoga Darmawan, mengatakan, saat ini kasus kebakaran masih dalam proses penyelidikan petugas kepolisian. Dugaan sementara, kebakaran ini disebabkan hubungan arus pendek listrik. "Kasusnya masih kami selidiki, tapi dugaan sementara dikarenakan korsleting listrik," ungkapnya. Saat ini, para korban kebakaran mendirikan tenda penampungan di depan pasar ikan Muara Angke. (red/*bj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails