Rabu, November 25, 2009

Ada Permainan Lelang, Pemkot Jakut Diminta Seriusi

JAKARTA, MP – Aksi demo Banteng Muda Indonesia (BMI) yang menuntut walikota Jakarta Utara (Jakut) membersihkan KKN dalam proses lelang, tidak boleh dianggap angin lalu. Pasalnya, menurut Direktur Eksekutif Masyarakat Pemantau Kebijakan Eksekutif dan Legislatif Sugiyanto, dugaan ada permainan harus segera di klirkan. Jangan sampai timbul kesan ada yang tidak beres dalam lelang. Hingga menyebabkan kegiatan pembangunan tidak beres. Yang ujung-ujungnya KKN merajalela.

"Indikasi ada mafia lelang, bisa tercium yang menang lelang itu-itu saja. Walaupun mereka berganti-ganti perusahaan. Padahal pemiliknya dia-dia juga. Jika benar begitu, tentu pemerintah harus bertindak," ujarnya baru-baru ini.

Untuk mengatasi mafia lelang, Sugiyanto menyarankan pemerintah lebih selektif. Kalau perlu Jaksa ataupun KPK turun tangan mengecek. Sebab kata dia, walaupun saat ini sudah ada sistem elektronik dan transparan, tetap harus dicek. "Cek perusahaan peserta lelang, alamatnya benar tidak. Kemudian laporan rugi labanya, terus karyawannya ada tidak. Ini untuk menghilangkan dugaan hanya papan nama. Yang kemudian proyeknya setelah dapat diberi ke perusahaan lain," terang Sugiyanto.

Lebih lanjut dia mengatakan, jika transparansi, dan keadilan dilakukan, kisruh dalam setiap lelang, tentu tidak terjadi. "Itu yang harus dijunjung tinggi," punkas Sugiyanto.

Untuk diketahui, sebelumnya puluhan anggota BMI Jakut berdemo di kantor walikota. Organisasi sayap PDIP itu, mendukung langkah pemkot Jakut memberantas KKN. Khususnya dalam setiap lelang. Jhon Rusli, salah satu penasehat BMI mengatakan, praktek dugaan kecurangan dalam setiap lelang banyak terjadi di sudin-sudin.

"Seperti di sudin perumahan, sosial, dan sebagainya. Saya tahu siapa-siapa yang bermain dalam lelang di sana. Saya juga siap dikonfrontasikan dengan yang bersangkutan dalam hal dugaan ketidakberesaan dalam lelang di pemkot Jakut," punkasnya. (cok)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails