Selasa, Agustus 11, 2009

DKI Siap Terapkan KTP Tunggal

JAKARTA, MP - Pemprov DKI Jakarta mulai tahun depan siap untuk menerapkan Nomor Induk Kependudukan untuk warganya. Hal ini ditegaskan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, Selasa (11/8), di Gedung Balai Samudra, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

"Kami sudah punya sistem nomor yang compatible dengan yang akan diberlakukan Depdagri," kata gubernur yang akrab disapa Foke ini.

Nomor itu, lanjut Foke, nantinya akan ditransfer ke pusat data kependudukan Departemen Dalam Negeri yang kemudian menjadi nomor kependudukan tunggal.

"Masing-masing penduduk hanya akan memiliki satu nomor, sehingga dapat menghindari penyalahgunaan identitas, termasuk mencegah aksi terorisme. Kalau punya KTP palsu akan ketahuan," tegas Foke.

Sekadar diketahui, saat ini pemerintah pusat sedang menjalankan proses pembuatan Nomor Induk Kependudukan di empat kota besar Indonesia, yaitu Padang, Yogyakarta, Denpasar, dan Makassar.

Hal ini merupakan implementasi dari Undang Undang nomor 23 tahun 2006 tentang sistem administrasi kependudukan. (cok/*b8)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails