Jumat, Mei 27, 2011

Saluran Air di Koja Bakal Dinormalisasi

JAKARTA, M86 - Untuk mengatasi genangan air yang terjadi di wilayah Koja, Sudin Pekerjaan Umum (PU) Tata Air Jakarta Utara berencana melakukan normalisasi saluran air yang selama ini telah menyebabkan genangan baik dikarenakan air pasang laut (rob) ataupun curah hujan tinggi.

Wakil Camat Koja, Ahmad Hariyadi menuturkan, di wilayahnya setidaknya terdapat lima titik genangan air. Di antaranya, di RW Jl Johar RW 10 Kelurahan Lagoa, Jl Kramat Jaya RW 14 Lagoa, Jl Mangga RW 11 Tuguutara, Jl Mundu Kelurahan Lagoa dan Jl Mindi Kelurahan Lagoa di mana ketinggian genangannnya bisa mencapai 10 – 40 sentimeter. “Setiap turun hujan sering terjadi genangan di beberapa ruas jalan di sini. Ketinggian genangan antara 10 sampai 40 sentimeter,” ujar Ahmad Hariyadi, Jumat (27/5).

Dijelaskan Ahmad, genangan terparah terdapat di Jl Mindi dengan tinggi genangan mencapai 40 sentimeter.

Kepala Sudin PU Tata Air Jakarta Utara, Rifiq Abdullah mengatakan, pihaknya telah mendapatkan laporan dari warganya mengenai titik genangan tersebut. Rencananya, sambung Rifiq, pihaknya berencana melakukan pengerukkan pada saluran-saluran di lima titik genangan itu pada tahun ini juga.

“Yang terdekat, kami segera mernomalisasi saluran di sisi Jl Kramat Jaya pada tahun ini. Sedangkan empat titik lainnya menyusul, karena kami akan melakukan survei terlebih dahulu. Tapi kesemuanya dikerjakan tahun ini,” katanya. Sayangnya, Rifiq enggan menjelaskan sumber biaya normalisasi tersebut.

Rifiq menjelaskan, di Kecamatan Koja terdapat dua stasiun pompa sebagai sarana dan prasarana, yakni stasiun Pompa Sunter Timur Tiga dan Pinang. Kedua stasiun pompa itu berfungsi sebagai penarik air pada genangan yang ada di beberapa ruas jalan tersebut. Namun, pengerjaannya membutuhkan waktu yang cukup lama, karena ada indikasi posisi tanahnya miring dan dipompa agak lama. "Kami akan lakukan secara bertahap. Namun, jika masalahnya berat, akan kami usulkan ke Dinas PU Jakarta," ujarnya. (jek)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails