Sabtu, Mei 28, 2011

Perbaikan Jembatan Cinta Telan Rp 50 Juta

JAKARTA, M86 - Kerusakan Jembatan Cinta yang selama ini menjadi akses utama warga di Pulau Tidung Besar dengan warga di Pulau Tidung Kecil, Kepulauan Seribu, langsung direspons Pemprov DKI Jakarta dengan menganggarkan perbaikan jembatan itu sebesar Rp 50 juta dari pos dana taktis Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Jakarta dalam APBD 2011. Dengan begitu, diharapkan perbaikan fisik Jembatan Cinta dapat rampung pada akhir 2011.

Kepala Dinas PU DKI Jakarta, Ery Basworo, mengatakan perbaikan jembatan yang berlokasi di Pulau Tidung, Kecamatan Kepulauanseribu Selatan, sudah sangat mendesak. Saat ini, kayu pada jembatan itu sudah banyak yang rapuh, dan jika tidak segera diganti dikhawatirkan akan membahayakan penggunanya.

“Perbaikan jembatan secepatnya dilakukan. Kami sudah meninjau lokasi jembatan yang sering dilintasi wisatawan. Ternyata banyak kayu yang rapuh. Kalau tidak segera diperbaiki sangat membahayakan wisatawan,” katanya.

Perbaikan yang dilakukan bukan merupakan rehab total, melainkan rehab ringan. Nantinya, tidak seluruh fisik jembatan diperbaiki, melainkan hanya dilakukan pergantian kayu lantai jembatan yang kondisinya rusak.

Bupati Kepulauan Seribu, Achmad Ludfi, mengatakan pihaknya juga pernah melakukan perbaikan dengan dana swadaya dari masyarakat atau pemilik jasa wisata. Namun ternyata dana swadaya tadi tidak cukup untuk memperbaiki total kerusakan. Jadi hanya yang parah saja diperbaiki,” jelasnya.

Dengan perbaikan Jembatan Cinta, diharapkan akan makin banyak wisatawan yang berkunjung ke Pulau Tidung, karena selama ini menjadi ikon wisata di Kepulauan Seribu. Pihaknya mencatat, pada liburan panjang pekan lalu, jumlah kunjungan mencapai lebih dari 5.000 orang. Pulau Tidung adalah pulau terbesar yang ada di Kabupaten Kepulauan Seribu. Selain wisata di Jembatan Cinta, potensi wisata di Pulau Tidung adalah areal yang sangat luas untuk wisata bersepeda seluas 54 hektar.

“Bagi pesepeda ini menjadi daya tarik sebagai area wisata. Selain itu, juga ada wisata memancing, snorkling, dan kuliner,” tandasnya. (dya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails