Selasa, Maret 08, 2011

Perbaikan Jalan Rusak di Jakut Hanya 36 Ruas

JAKARTA, M86 - Warga Jakarta Utara bakal siap-siap kecewa. Pasalnya sejumlah jalan yang sudah bertahun-tahun rusak di lingkungan mereka tidak akan diperbaiki untuk tahun 2011 ini.

Soalnya Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara melalui Sudin PU Jalan hanya mengalokasikan dana perbaikan jalan sebesar Rp 60 Miliar untuk 36 ruas jalan rusak atau paket.

"Untuk anggaran tahun ini perbaikan jalan hanya 36 paket dengan nilai Rp 60 Miliar yang disetujui dari Rp 334 Miliar dengan 367 ruas jalan rusak di enam kecamatan se-Jakarta Utara," kata Maman Suparman, Kasudin PU Jalan Jakarta Utara, Selasa (08/03) di Kantor Walikota Jakarta Utara.

Ia menjelaskan, dari inventaris yang telah dilakukan, ruas jalan yang rusak itu berjumlah 367 ruas terdiri dari Kecamatan Penjaringan (41), Pademangan (27), Tanjung Priok (94), Koja (84), Kelapa Gading (31), dan Cilincing (90).

"Dana perbaikan jalan yang disetujui DPRD DKI Jakarta berkisar 17 persen dari seluruh kerusakan jalan, sehingga tidak bisa semua jalan rusak diperbaiki tetapi hanya yang memiliki skala prioritas saja," jelasnya.

Namun demikian, sambungnya, saat ini Dinas PU Jalan sedang mengusulkan Anggaran Belanja Tambahan (ABT) sebesar Rp 25,6 Miliar.

"Ya, mudah-mudahan saja dikabulkan, sembari menambahkan untuk tahun 2010 lalu anggaran perbaikan jalan mencapai Rp 91 Miliar," katanya.

Walikota Jakarta Utara, Bambang Sugiyono mengatakan, kerusakan jalan di Jakarta Utara dikarenakan tingginya volume kendaraan berat, genangan air hujan, dan rawan genangan air pasang.

"Secara geografis 60 persen wilayah Jakarta Utara berada di bawah permukaan laut. itu sebabnya banyak terjadi genangan sehingga menyebabkan jalan mudah rusak," katanya.

Sementara itu warga Pademanganbarat yang sudah dua tahun lalu berharap Jalan Hidup Baru sebelah sisi rel kereta api yang membentang di lingkungan RT 02, 04, 05, 10, dan 11 yang kondisinya rusak parah itu akan diperbaikan tahun ini pupus sudah.

"Saat Pak Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, berkantor di Kelurahan Pademanganbarat pernah berjanji segera memperbaiki jalan tersebut. Tapi nyatanya hingga sekarang tidak ada tanda-tanda bakal terealisasi," kata Tarno, Ketua RW 02 Pademangan Barat. (jek)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails