Selasa, November 23, 2010

Pengusaha Travel Diperkenalkan Objek Wisata Pesisir

JAKARTA, MP - Kawasan Jakarta Utara memiliki begitu banyak potensi wisata, tapi selama ini masyarakat hanya tahu kalau Jakarta Utara memiliki Taman Impian Jaya Ancol saja. Dengan adanya sosialisasi destinasi wisata pesisir, diharapkan masyarakat luas makin tahu bahwa di wilayah yang dekat dengan pantai ini bisa menjadi tujuan wisata utama.

Demikian disampaikan Walikota Jakarta Utara Bambang Sugiyono dihadapan peserta Sosialisasi Destinassi Wisata Pesisir Pengusaha Biro Perjalanan dan Tempat Hiburan di Lobby Kantor Walikota Jakarta Utara, Selasa (23/11).

Di Jakarta Utara, kata Walikota, berbagai jenis wisata ada di Jakarta Utara ini, mulai dari wisata alam, bahari, kuliner, belanja, history, budaya, religi, hiburan sampai permaian laut, semua ada disini. Sayangnya masyarakat luas belum tahu karena memang kurang diekspos dan disosialisasikan.

"Karena itu kami dari Pemkot Jakarta Utara menggagas program 12 Destinasi wisata pesisir yang pada tanggal 26 Juli lalu dibuka Gubernur Provinsi DKI Jakarta di Bahtera Jaya," ujar Walikota.

Satu sisi, Walikota menyadari kalau belakangan ini tidak sedikit media massa yang memnadang program 12 destinasi wiasata pesisi dengan sinis karena banyak sarana dan prasaran di obyek wisata tersebut yang masih kurang memadai.

"Kita harus tahu kalau Walikota bukan daerah otonom sehingga masalah anggaran semua ada di provinsi. sehingga ketika kami ajukan anggaran untuk 12 destinasi wisata pesisir bial DPRD tidak menyetujui maka tidak ada. tapi kami pun tidak mau menyerah dan terus berusaha dengan mengajak para stakholeder dan pihak swasta untuk memperbaiki sarana dan prasarana tersebut," tegas Walikota.

Upaya itu, kata Walikota dibuktikan dengan melakukan rehab di kawasan Si Pitung yang diperkirakan akan selesai pada Desember mendatang. Di kawasan Si Pitung sudah dibuat tempat pagelaran sendra tari. Sehingga bagi wisatawan domestik dan mancanegara yang datang bisa mendapat hiburan tambahan.

"Kami juga sedang membangun sekretariat Destinasi wisata pesisir atau pusat informasi wisata pesisir di Sunda Kelapa. dari sini akan ada one stop service, pelayanan untuk semua kebutuhan para wisatwan, mulai hotel, transportasi dan sebagainya," tukas Walikota.

Tujuan program 12 Destinasi Wisata Pesisir ini, lanjut Walikota, untuk memberikan kesempatan kerja dan mengurangi kemiskinan di wilayah Jakarta Utara. Jika seluruh destinasi wisata pesisir bisa dijalankan dengan baik, maka secara tidak langsung perekonomian masyarakat sekitar bisa ikut jalan.

"Mereka bisa menjual souvenir, menjual makanan khas di lokasi wisata yang dituju. Bahkan, perilaku mereka pun lebih baik dan kehidupan mereka juga bisa lebih aman dan damai," kata Walikota.

karena itu pula, Walikota berharap asosiasi pengusaha biro perjalanan dan tempat hiburan dapat membantu dan ikut serta memromosikan 12 Destinasi Wisata Pesisir kepada masyarakat di Jakarta maupun ke luar negeri, sehingga wisata di Jakarta Utara bisa lebih semarak.
Kasudin Pariwisata Jakarta Utara Agustin Grace dalam laporannya menyampaikan sosialisasi wisata pesisir yang di ikuri 100 peserta dari seluruh DKI tersebut dimaksudkan untuk memtivasi para pengusaha biro perjalanan dan tempat hiburan lebih berperan aktif dalam memperomosikan pariwisata. "Tujuannya untuk meningkatkan pendapatan daerah dan devisa di bidang pariwisata," tukasnya. (jek/eko/kos)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails