Sabtu, Februari 06, 2010

KTP Keliling Sambangi Rawabadak Selatan

JAKARTA, MP - Kesibukan dalam pekerjaan terkadang membuat orang lupa akan kewajibannya mengurus perpanjangan KTP. Makanya tak heran, begitu ada pelayanan KTP keliling yang diluncurkan Pemprov DKI setiap hari Sabtu langsung diserbu warga. Seperti pelayanan KTP keliling yang digelar di halaman Kantor Sekretariat RW 04, Jalan W, Pasar Ular Plumpang, Rawabadakselatan, Koja, Jakarta Utara, Sabtu (6/2).

Hujan rintik-rintik tidak menyurutkan niat warga untuk mendatangi lokasi pelayanan KTP keliling. Buktinya, sejak layanan dibuka pukul 08.00, ratusan warga langsung berbondong-bondong untuk memperpanjang masa berlaku KTP mereka. Apalagi pelayanan dibatasi hingga pukul 13.00.

Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta Utara, Lukman Tahir, mengungkapkan, pelayanan KTP keliling ini merupakan program Pemprov DKI Jakarta untuk memberikan kemudahan kepada warga yang ingin memperpanjang masa berlaku KTP. Sehingga, warga yang tidak sempat mengurus pada hari kerja di kantor kelurahan, bisa mendatangi pelayanan KTP keliling pada hari libur.

“Selama ini, banyak warga yang memiliki KTP kadaluarsa. Namun sebagian dari mereka ada yang tidak sempat datang ke kelurahan pada hari kerja karena sibuk. Kini, mereka bisa memilih pelayanan KTP keliling yang digelar setiap hari Sabtu," kata Lukman.

Layanan KTP keliling ini, kata Lukman, sangat diminati warga. Dan pelayanan KTP Keliling di Jakarta Utara ini memasuki putaran ke-7 sejak diluncurkan 27 Desember 2009. “Dalam kurun waktu itu, pelayanan KTP keliling sudah melayani 942 pemohon yang ingin memperpanjang KTP.

Rinciannya, Kelurahan Kelapagading Barat 99 KTP, Kelurahan Kelapagading Timur 37 KTP, Kelurahan Pegangsaandua 77 KTP, Kelurahan Lagoa 69 KTP, Kelurahan Koja 326 KTP, Kelurahan Rawabadak Utara 224 KTP, dan Kelurahan Rawabadak Selatan 110 KTP.

“Pekan depan, pelayanan KTP keliling akan dilaksanakan di Kelurahan Tuguutara, Koja. Kegiatan KTP keliling berlangsung mulai pukul 08.00-13.00. Dan bagi warga yang ingin mengetahui jadwal lokasi Pelayanan KTP keliling bisa mengakses http://www.kependudukancapil.go.id. Di situs tersebut, warga bisa mengetahui apakah wilayahnya masuk dalam jadwal kunjungan pelayanan KTP keliling,” jelas Lukman lagi.

Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta, Franky Mangatas Panjaitan, yang turut mendatangi lokasi pelayanan KTP keliling di Rawabadak Selatan mengungkapkan, pelayanan KTP keliling ini akan terus dilaksanakan setiap hari Sabtu di semua kelurahan di DKI Jakarta. Kegiatan ini juga memberikan pilihan layanan karena urusan kependudukan merupakan kewajiban sebagai warga negara. "KTP keliling ini merupakan program Pemprov DKI Jakarta dalam rangka memberikan layanan baik langsung ke tengah-tengah warga," kata Franky.

Ke depan, pelayanan KTP keliling ini akan terus ditingkatkan. Bahkan tahun 2010 ini, pihaknya akan menambah armada KTP mobile jika kebutuhan warga semakin meningkat. “Nanti setiap wilayah ada dua armada KTP keliling. Soalnya, antusias warga cukup tinggi memanfaatkan fasilitas layanan ini,” tandas Franky.

Lurah Rawabadak Selatan, M Maibu, menjelaskan, dipilihnya RW 04 sebagai lokasi pelayanan KTP keliling karena wilayah tersebut merupakan pemukiman padat penduduk. Ada 15 RT dengan jumlah penduduk 850 KK. Tercatat dalam layanan KTP kelilingnya ada 110 pemohon yang mengajukan perpanjangan KTP. "Jumlah tersebut sudah melampaui target 100 pemohon. Artinya, pelayanan KTP keliling sangat dibutuhkan masyarakat " ujar Maibu.

Romlah (34), Warga RT 2/4 Rawabadak Selatan, Koja mengaku sangat terbantu dengan pelayanan KTP keliling ini. "Alhamdulillah saya sangat terbantu dengan pelayanan KTP keliling ini. Jadi hari libur bisa dimanfaatkan untuk memperpanjang KTP saya yang sudah habis masa berlakunya, " tuturnya. (red/*bj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails