Kamis, Desember 24, 2009

Jelang Misa Natal, 800 Petugas Amankan Gereja di Jakut

JAKARTA, MP - Jelang misa malam Natal, sejumlah gereja di Jakarta Utara, Kamis (24/12) mulai disterilkan. Sebanyak 800 aparat gabungan dari unsur Satpol PP, Polri, TNI sudah disebar di 188 gereja di wilayah tersebut. Agar perayaan Natal berjalan lancar, petugas akan disiagakan 24 jam.

Kapolres Jakarta Utara, Kombes Pol Rudi Sufahriadi mengatakan, pengamanan gereja yang dilakukan secara ketat ini bukan karena adanya ancaman bom. Akan tetapi ini hanya sebagai prosedur pengamanan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Pengamanan ekstra ketat bagi gereja yang memiliki lebih dari 1.000 jemaat. Kami juga siap mengamankan gereja-gereja yang membutuhkan pengamanan khusus dan minta disterilkan," ujar Kombes Rudi, Kamis (24/12).

Sedangkan untuk pengamanan Tahun Baru 2010, jajaran Polres Jakarta Pusat akan mengerahkan sekitar 1.950 personil. Mereka nantinya akan dikonsentrasikan di kawasan Ancol dan Lapiaza Kelapagading. “Petugas akan ditempatkan di lokasi yang menjadi kerumunan orang banyak. Misalnya untuk kawasan Ancol akan disiagakan sekitar 1.500 personil sedangkan di Lapiaza Kelapagading sekitar 450 personil,” katanya.

Pantuan beritajakarta.com di sejumlah gereja menunjukkan, sejumlah aparat Brimob sudah melakukan sterilisasi sejak Kamis pagi. Seperti terjadi di Gereja Mawar Saron, Jl Kelapagading Hibryda, sedikitnya enam anggota Brimob Polda Metro Jaya sudah melakukan sterilisasi pukul 09.00-12.00. Sejauh ini situasi dan kondisi di kawasan gereja tersebut kondusif.

Camat Kelapagading, Jupan Royter mengatakan, pengamanan misa malam Natal juga melibatkan aparat kecamatan dan kelurahan. Sedikitnya ada 70 petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) PP kecamatan yang dikerahkan untuk membantu pengamanan Natal di seluruh gereja yang ada di Kelapagading.

“Saat ini di Kelapagading terdapat 82 gereja, saya sudah intruksikan seluruh lurah di Kelapagading untuk standby di lapangan, mengamankan wilayahnya masing-masing,” kata Jupan saat dijumpai di Gereja Mawar Saron, Kamis (24/12). Upaya sterilisasi juga dilakukan di sejumlah gereja lain. Seperti Gereja Tiberias, Tiberias Centre, Gereja Yacobus dan Gereja Toraja.

Walikota Jakarta Utara, Bambang Sugiyono mengatakan, Natal merupakan momen yang sangat dinantikan oleh umat Kristiani, sedangkan peringatan tahun baru dinantikan oleh semua khalayak. “Berbagai aktivitas yang digelar oleh masyarakat terkait perayaan Natal dan Tahun Baru, harus mendapatkan pengamanan. Sehingga masyarakat akan merasakan lebih aman, nyaman,” kata Bambang Sugiyono, Sabtu (24/12). (red/*bj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails